Ukir Sejarah, Kurniati Amir Perempuan Pertama Pimpin Sonic Speed Indonesia

Minggu, 24 Oktober 2021 - 16:11 WIB
loading...
Ukir Sejarah, Kurniati Amir Perempuan Pertama Pimpin Sonic Speed Indonesia
Ketua SSI Terpilih Periode 2021-2024 Kurniati Amir mencatat sejarah baru sebagai perempuan pertama memimpin SSI sejak 20 tahun organisasi itu didirikan. Foto: SINDOnews/Agus Nyomba
A A A
MAKASSAR - Kurniati Amir terpilih secara aklamasi memimpin Sonic Speed Indonesia (SSI) periode 2021-2024 pada Musyawarah Nasional (Munas) XI di Marina Beach Hotel Makassar , Minggu (24/10). Kurniati mengukir sejarah baru, dimana dirinya menjadi perempuan pertama menjadi Ketua Umum SSI.

Pengurus SSI, Wawan, membenarkan Kurniati dipastikan menakhodai SSI lantaran berstatus kandidat tunggal. Pemilik suara sebanyak 39 orang yang berasal dari 13 chapter se-Indonesia pun telah bersepakat. Kurniati menjadi perempuan pertama memimpin SSI sejak didirikan sekitar 20 tahun lalu.



"SSI sejak didirikan 1 April 2001, sudah ada lima ketua dan ini pertamakalinya akan dipimpin oleh perempuan," kata Wawan, Minggu (24/10).

Dalam Munas XI SSI, pemilik suara terdiri dari 13 chapter se-Indonesia meliputi Makassar , Maros, Palu, Kendari, Bau-bau, Ambon dan Jayapura. Munas juga dirangkaikan dengan Musyawarah Daerah (Musda) Sonic Speed Makassar, dimana ada dua kandidat yang bertarung yakni Firman dan Arjan. Adapun Arjan terpilih dengan 18 suara, mengungguli Firman dengan 7 suara.

Sementara itu, Kurniati selalu ketua terpilih mengaku latar belakangnya ingin memimpin SSI murni karena ingin memajukan dunia otomotif Makassar dan Indonesia. Ia tertarik memimpin SSI karena organisasi klub otomotif itu bukanlah organisasi baru baginya. Kurniati pernah menjabat Bendahara Sonic Speed Makassar periode 2009-2011.

"Saya hanya ingin memajukan dunia otomotif Makassar dan Indonesia. Semoga dengan terpilihnya saya, perempuan bisa lebih berani dan muncul emansipasi untuk eksis di dunia otomotif. Ke depan, semoga juga semakin banyak perempuan bisa bergabung," ujar dia.

Sejauh ini, partisipasi anggota SSI di Kota Makassar masih di bawah 10%. Sedangkan di tingkat nasional berkisar 25%.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan soal program, pihaknya tentu akan berfokus pada pembinaan prestasi. Beragam agenda kejuaraan siap digelar, baik itu slalom maupun dragrace. Meski demikian, pelaksanaan kejuaraan itu pastinya harus menunggu pandemi Covid-19 mereda karena berkaitan dengan izin penyelenggara.



"Insya Allah, kita rencanakan berbagai event-event seperti slalom dan lainnya. Banyak yang ingin kita lakukan, semoga bisa terealisasi saat pandemi mereda. Adapun selama pandemi, kita juga lakukan kegiatan sosial," tuturnya.

Sementara itu, Demisioner Ketua SSI, Suwandy, menaruh asa agar kepengurusan SSI di bawah komando Kurniati bisa semakin maju dan berkembang. Terutama terkait melakukan regenerasi pembalap baru. "Regenerasi pembalap baru harus dilakukan. Kalau bisa upayakan event berskala nasional di Makassar," harap dia.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1823 seconds (0.1#10.140)