Dorong Ekonomi, Ini Program bank bjb Gerakkan UMKM di Indonesia

Kamis, 21 Oktober 2021 - 09:56 WIB
loading...
Dorong Ekonomi, Ini Program  bank bjb Gerakkan UMKM di Indonesia
bank bjb komitmen membantu pelaku usaha di Indonesia dengan membuat berbagai program pemberdayaan UMKM.
A A A
BANDUNG - Pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap banyak sektor, tak terkecuali pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Mereka yang selama ini menjadi penyangga ekonomi Indonesia, harus menanggung turunnya usaha karena lemahnya daya beli. Akibatnya, banyak UMKM gulung tikar, mati suri, hingga terlilit utang.

Kendati pemerintah menggelontorkan banyak bantuan dan program pemulihan ekonomi, namun langkah tersebut perlu dukungan instansi atau lembaga lainnya. Harapannya, akan semakin banyak pelaku usaha yang cepat recovery dan kembali survive dengan kondisi saat ini.

Komitmen membantu pelaku UMKM juga ditunjukkan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb). Tak hanya menyalurkan pinjaman melalui berbagai skema pembiayaan, bank bjb juga konsen memberikan pelatihan dan edukasi bisnis kepada pelaku UMKM.

Salah satu program peningkatan kapasitas UMKM yang konsisten dilakukan bank bjb adalah Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT). Program PESAT bank bjb telah menjadi salah satu program andalan yang dimiliki bank bjb untuk memberdayakan UMKM.

Program yang diluncurkan pada 2015 ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas usaha bagi pelaku usaha hingga saat ini. Bukan hanya memberikan permodalan, melainkan juga pendampingan agar UMKM semakin maju dan berkembang.

Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, program PESAT tak pernah berhenti menciptakan bibit-bibit UMKM unggulan yang siap bersaing di tengah berbagai situasi, tak terkecuali dalam masa sulit pandemi Covid-19. bank bjb juga tetap melancarkan program pemberdayaan UMKM ini meskipun harus berjibaku dalam situasi pandemi.

"Ada beberapa kategori bagian dalam program ini, mulai dari cara meningkatkan kapasitas usaha pelaku UMKM yang sudah ada lewat pelatihan dan seminar maupun untuk mendorong kemunculan wirausaha baru. Untuk yang kedua ini kami bimbing dari nol soal bagaimana memulai usaha, melakukan pencatatan kas dan sebagainya," jelas Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari.

Upaya tersebut memberi akses permodalan dan peningkatan kapasitas yang dilakukan bank bjb dengan memanfaatkan teknologi digital. Sehingga, program yang diberikan dapat dijangkau dengan lebih mudah.

Langkah akselerasi pemberdayaan lewat PESAT menjadi salah satu yang paling diandalkan. Tiga program utamanya, yakni PESAT Sehat dan Produktif (PSP) yang fokus pada konsultasi kesehatan dan pelatihan hidup bersih, PESAT Kapasitas Usaha (PKU) dengan pelatihan dan perluasan usahanya, serta PESAT wirausaha baru (PWB) yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi wirausahawan terus menerus dilancarkan bersamaan dengan langkah stimulasi.

Lebih lanjut dia menjelaskan, fokus utama bank bjb adalah membantu pemulihan UMKM di masa pandemi. Yakni dari sisi pembiayaan dan peningkatan kapasitas pelaku usaha.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)