Presiden Jokowi Minta Perdagangan Antar Daerah dan Pulau Diperkuat

Rabu, 20 Oktober 2021 - 19:53 WIB
loading...
Presiden Jokowi Minta Perdagangan Antar Daerah dan Pulau Diperkuat
Presiden Joko Widodo didampingi Mendagri Tito Karnavian dan Mensekkab Pramono Anung membuka secara resmi Expo Asosiasi Pemerintah Kabupaten 2021. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini membuka secara resmi Expo Asosiasi Pemerintah Kabupaten 2021. Acara pembukaan dilaksanakan secara hibrida dimana pembukaan oleh Presiden didampingi Mendagri Tito Karnavian dan Mensekkab Pramono Anung dihadiri langsung 25 Bupati di Istana Bogor dan diikuti secara virtual oleh peserta lain di Jakarta Convention Center.

Pameran produk unggulan daerah ini diikuti oleh 70 pemerintah kabupaten dan 70 peserta lain dari swasta dan beberapa kementerian/lembaga. Pameran dan seminar dilaksanakan selama 3 hari mulai Rabu 20 Oktober sampai dengan Jumat 22 Oktober 2021 di JCC.



Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia ( APKASI ) Sutan Riska yang juga Bupati Dharmasraya Sumatera Barat melaporkan kepada Jokowi bahwa pameran ini merupakan kontribusi nyata pemerintah kabupaten seluruh Indonesia untuk mendukung pemerintah pusat menggairahkan kembali dunia usaha dan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

Presiden dalam arahannya menyampaikan apresiasi atas upaya APKASI yang didukung Kemendagri menyelenggarakan pameran ini karena akan bermanfaat untuk percepatan pemulihan ekonomi khususnya di semua daerah setelah mengalami kontraksi akibat pembatasan selama 1,5 tahun akibat Covid-19.

Kepala Negara berpesan agar daerah memperkuat perdagangan antar daerah dan antar pulau serta saling mengisi dan melengkapi produk yang diperlukan antar daerah dan juga pasar global karena Indonesia disamping produsen aneka produk barang jadi adalah juga pasar yang amat besar.

"Pasar besar Indonesia ini jangan dikuasai produk asing, untuk setiap daerah cukup fokus saja pada produk unggulan tertentu," tegas Jokowi dalam siaran pers yang diterima, Rabu (20/10/2021).

Produk tersebut dipasarkan ke daerah lain, dan membeli produk daerah lain yang tidak diproduksi didaerah sendiri, lanjut Jokowi. Selain itu Presiden juga berpesan agar ekspor produk Indonesia terus ditingkatkan sehingga dapat membanjiri pasar internasional.



Pemerintah, imbuh Presiden, telah membuat banyak kebijakan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas produk dalam negeri dan meminta semua pemerintah daerah juga membuat kebijakan yang memudahkan produsen dalam negeri untuk meningkatkan produksinya dan menguasai pasar dalam dan luar negeri.

Pameran APKASI ini merupakan kegiatan tahunan Apkasi namun terhambat pelaksanaannya di tahun 2020 lalu akibat serangan pandemi Covid-19
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)