1.862 Rumah Rusak Terdampak Gempa M4.8 di Karangasem Bali

Selasa, 19 Oktober 2021 - 21:30 WIB
loading...
1.862 Rumah Rusak Terdampak Gempa M4.8 di Karangasem Bali
Sebanyak 1.862 rumah rusak terdampak gempa bumi M4.8 di Karangasem, Bali.Foto/Miftahul Chusna
A A A
DENPASAR - Gempa magnitudo 4.8 di Karangasem, Bali, tiga hari lalu benar-benar berdampak destruktif. Sebanyak 1.862 rumah rusak akibat gempa kecil tapi merusak itu.

"Ada 617 rumah rusak berat, 42 rumah rusak sedang dan 1.203 rumah rusak ringan," kata Kasubid Logistik dan Peralatan BPBD Bali I Wayan Gede Eka Saputra dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (19/10/2021).

Dia menjelaskan, ada dua lokasi yang mengalami dampak cukup parah, yaitu Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem dan Desa Terunyan, Kecamatan Kintamani, Bangli.

Baca juga: Puluhan Rumah di Karangasem Hancur Diguncang Gempa, Warga Pilih Dirikan Tenda Darurat

Di kedua desa itu telah didirikan posko yang disiapkan bagi warga yang ingin mengungsi sekaligua dipakai menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak.

Hingga kini, warga pilih mengungsi di rumah keluarga terdekat karena khawatir dengan harta benda yang masih tertinggal di rumah yang terdampak gempa.

Di Desa Ban, bantuan disalurkan langsung ke lokasi pengungsi. Sedangkan bantuan ke Desa Terunyan disalurkan menggunakan perahu.

Hingga kini akses jalan menuju Desa Terunyan masih tertutup material longsor akibat gempa bumi. "Untuk menyalurkan bantuan, digunakan perahu melewati danau untuk bisa mencapai ke desa tersebut," ujar Saputra.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4929 seconds (0.1#10.140)