Terinspirasi Pengusaha Masuk Islam, Jusuf Hamka Tertarik Jadi Mualaf

Selasa, 19 Oktober 2021 - 10:49 WIB
loading...
Terinspirasi Pengusaha Masuk Islam, Jusuf Hamka Tertarik Jadi Mualaf
Ketertarikan Jusuf Hamka untuk mempelajari Islam berawal dari kisah seorang pengusaha yang memeluk Islam. / Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Jusuf Hamka dikenal sebagai bos perusahan jalan tol yang dermawan dan gemar membantu masyarakat. Pengusaha Indonesia keturunan Tionghoa tersebut memiliki kisah inspiratif dalam perjalanannya menemukan Islam.

Keislaman seorang Jusuf Hamka ini disaksikan ulama besar, mendiang Buya Hamka. Melalui perbincangan dengan Arie Untung di kanal YouTube "Cerita Untungs", Jusuf menceritakan kisahnya menjadi seorang mualaf. "Saya waktu itu masuk Islam melalui Buya Hamka tahun 1981," ujar Jusuf Hamka.

Ketertarikan Jusuf untuk mempelajari Islam dengan Buya Hamka berawal dari kisah seorang pengusaha yang memeluk Islam di Al-Azhar, yayasan yang kala itu dipimpin Buya Hamka.

Baca juga: Tembus 100 Juta Streaming, Single Lisa Blackpink Pecahkan Rekor Rose Blackpink

"Saya baca majalah ada seorang pengusaha masuk Islam di Al-Azhar. Saya sudah dikhitan (sunat) duluan, kepingin masuk Islam di Samarinda tapi belum berani karena keluarga belum muslim," ujar Jusuf.

"Akhirnya begitu baca itu saya memberanikan diri datang ke sana, waktu itu imam di sana Ustaz Zaini membawa saya ke rumah Ketua Al-Azhar yaitu Buya Hamka," lanjutnya.

Niat awal Jusuf Hamka adalah untuk mempelajari ajaran Islam terlebih dahulu, namun Buya Hamka memintanya segera bersyahadat.

"Saya bilang saya mau masuk Islam. Dia bilang kamu harus masuk hari ini. Saya bilang besok, saya mau belajar dulu. Enggak boleh katanya, nanti kalau kamu pulang meninggalnya kafir dosanya sama Buya. Ya udah bismillah aja, langsung," tuturnya.

Bahkan, nama Hamka dari Jusuf Hamka sendiri diambil dari nama Buya Hamka yang memutuskan untuk menjadikan Jusuf Hamka sebagai anak angkatnya, 3 bulan setelah keislaman Jusuf Hamka.

"Setelah tiga bulan masuk Islam saya dipanggil, dibuatkan syukuran. Tahu-tahu di situ diumumkan oleh almarhum Buya, beliau mengangkat saya sebagai anak ideologisnya, jadi diberikan nama Jusuf Hamka," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)