Begini Rekomendasi Konsumsi Air Putih Berdasarkan Usia

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 09:00 WIB
loading...
Begini Rekomendasi Konsumsi Air Putih Berdasarkan Usia
Kebutuhan konsumsi air putih masing-masing orang berbeda berdasarkan usia dan jenis kelamin. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi air putih yang cukup sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi kesehatan. Tapi, kebutuhan konsumsi air putih masing-masing orang berbeda berdasarkan usia dan jenis kelamin.

Merangkum dari Healthline, Kamis, 30 September 2021, Institute of Medicine (IOM) melakukan survei untuk mengetahui tentang asupan air rata-rata harian orang Amerika Serikat. Berdasarkan data ini, mereka menerbitkan rekomendasi tentang asupan yang memadai (AI) dalam studi pada 2005.

Studi tersebut mengacu pada dua rekomendasi, di antaranya:

1. Sebanyak 3,7 liter air per hari untuk pria. Di mana sebanyak 3 liter atau 13 gelas dalam bentuk minuman.

2. Sebanyak 2,7 liter air per hari untuk wanita. Termasuk 2,2 liter atau sekitar 9 gelas dalam bentuk minuman.



AI ini dibuat berdasarkan pada asupan air rata-rata dari survei yang dilakukan di AS. Namun, sejumlah orang tampak baik-baik saja saat mengonsumsi lebih sedikit air. Namun, asupan ini berbeda-beda pada tiap individu.

Misalnya, orang yang aktif secara fisik atau mereka yang tinggal di lingkungan yang lebih panas akan membutuhkan asupan air yang lebih tinggi. Lantas berapa rekomendasi asupan air yang dianjurkan berdasarkan usia?

Aturan mengonsumsi delapan gelas air per hari adalah awal yang baik. Sayang hal tersebut tidak didasarkan pada informasi yang kuat dan diteliti dengan baik. Sebab 60 persen berat badan manusia terdiri dari air. Setiap sistem dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi.

Asupan air yang direkomendasikan didasarkan pada faktor-faktor termasuk jenis kelamin, usia, tingkat aktivitas, dan status ibu hamil atau menyusui.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)