alexametrics

Mahkota raja Majapahit ditemukan

loading...
Mahkota raja Majapahit ditemukan
Mahkota raja Majapahit ditemukan
A+ A-
Sindonews.com - Seorang warga di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menemukan sebuah benda berbentuk mahkota yang diduga peninggalan zaman Kerajaan Majapahit.

Benda yang terbuat dari tanah liat tersebut di temukan saat warga sedang menggali tanah tak jauh dari rumahnya. Sudah beberapa hari ini rumah Sastro Prawiro (80), di Desa Tembarak, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, kerap didatangi warga.

Pasalnya, warga penasaran dan ingin melihat dari dekat fisik benda mirip mahkota raja yang di temukan Sastro di depan rumahnya sekira 20 hari lalu.

Menurut Sastro, dirinya menemukan benda ini secara tidak sengaja saat menggali tanah untuk menguruk halaman rumahnya yang becek. "Tanpa diduga pada kedalaman sekira 1 meter, mata cangkul mengenai benda keras," katanya, Selasa (10/1/2012).

Setelah diperiksa dan digali lebih dalam ternyata ada benda yang terbuat dari tanah liat dan berbentuk seperti mahkota. Sastro mengaku tidak tahu menahu apa nama dan kegunaan benda yang ditemukannya ini.

Tanpa berpikir macam-macam, sastro langsung menyimpan begitu saja benda aneh ini di dalam rumahnya.

Terkait adanya dugaan ini adalah benda cagar budaya, Sastro juga mengaku tidak tahu-menahu. "Jika benar ini adalah benda cagar budaya dan pemerintah mengambilnya, saya akan menyerahkannya secara sukarela," ujarnya.

Penemuan atas benda yang bentuknya mirip mahkota raja di Desa Tembarak ini tentu bukan hal yang aneh lagi.

Sebab beberapa tahun sebelumnya, di Desa Tanjung-Kertosono yang berjarak sekitar 200 meter dari rumah Sastro, warga juga pernah menemukan sebuah bangunan mirip candi yang ternyata adalah bekas tempat peribadatan atau sejenis pura.

Tak hanya itu saja, sejumlah warga lainnya juga mengaku pernah menemukan benda-benda tua seperti batu umpak. Warga menduga, daerah di sekitar Sungai Brantas di Desa Tanjung dan Desa Tembarak, Kertosono dulunya adalah tempat pemukiman pada masa Kerajaan Majapahit.
()
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak