Waspada! Ada Kluster Baru Penyebaran COVID-19 di Sidoarjo

Senin, 01 Juni 2020 - 19:08 WIB
loading...
Waspada! Ada Kluster Baru Penyebaran COVID-19 di Sidoarjo
Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sidoarjo, menemukan kluster baru penyebaran COVID-19 di Desa Wonocolo, Kecamatan Taman. Foto/iNews TV/Pramono Putra
A A A
SIDOARJO - Belum tuntas penanganan kluster penyebaran COVID-19 di Desa Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Kini Tim Gugus Penanganan COVID-19 Kabupaten Sidoarjo, kembali menemukan kluster baru di Desa Wonocolo.

(Baca juga: 127 Anak di Kota Surabaya Terpapar COVID-19, 36 Masih Balita )

Terletak di batas wilayah Kabupaten Sidoarjo, dengan Kota Surabaya, Desa Wonocolo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, ditetapkan sebagai kluster baru penyebaran COVID-19, karena tingginya jumlah warga yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Tercatat dalam waktu kurang dari dua pekan, ada 25 warga Desa Wonocolo, yang Positif COVID-19. Selain itu ada enam orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan lima orang meninggal dunia.

Untuk mempercepat proses penanganan dan penyembuhan di Desa Wonocolo, Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sidoarjo, akan mengoptimalkan program kampung tangguh di desa tersebut, dimana akan dilakukan pengawasan dan pemantauan wilayah oleh relawan desa setempat, dan pemberian bantuan pangan serta pengawasan kesehatan oleh tim medis Puskesmas setempat.

Untuk mendukung tim relawan desa ini, Polresta Sidoarjo, dan Kodim 0816 Sidoarjo akan menerjunkan tim Bhabinkamtibmas dan Babinsa di desa tersebut.

Menurut rencana, selain akan mendirikan pos penyekatan di Desa Wonocolo, Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sidoarjo, dalam waktu dekat akan melakukan rapid test massal dan penyemprotan disinfektan di wilayah Desa Wonocolo.

"Kita akan mengoptimalkan fungsi relawan di desa tersebut dalam mengawasi dan memantau warga, yang pelaksanaannya akan dibantu oleh petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa," tegas Kombes Sumardji, Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sidoarjo.

Sementara terkait masih adanya penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Sidoarjo, khususnya wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Surabaya, Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sidoarjo, akan meningkatkan pengawasan dan pemantauan warga di tingkat desa.

Ada dua wilayah kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kota Surabaya, yang menjadi perhatian khusus dalam penanganan COVID-19, yaitu Kecamatan Waru, dan Kecamatan Taman.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0865 seconds (0.1#10.140)