Libatkan 108 Universitas, Pemprov Jabar Gelontorkan Beasiswa JFSL Rp25 Miliar

Sabtu, 25 September 2021 - 11:28 WIB
loading...
Libatkan 108 Universitas, Pemprov Jabar Gelontorkan Beasiswa JFSL Rp25 Miliar
Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi (kanan) saat menyerahkan beasiswa kepada peserta program JFSL 2021. Foto: SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat terus berupaya menuntaskan persoalan pendidikan yang dihadapi masyarakat Jabar, di antaranya meningkatkan rata-rata lama sekolah melalui beasiswa.

Salah satu strategi yang dilakukan Pemprov Jabar, yakni menghadirkan program Jabar Future Leaders Scholarship (JFSL) yang telah bergulir sejak 2019 lalu. Program yang digagas Gubernur Jabar, Ridwan Kamil ini terus mengalami kemajuan.



Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dedi Supandi mengungkapkan, pada 2021 ini, beasiswa JFSL yang diperuntukan khusus untuk masyarakat yang akan dan sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi tersebut mengalami kemajuan, baik dari jumlah pendaftar maupun jumlah perguruan tinggi yang terlibat.

Dia menyebutkan, jumlah pendaftar JFLS selalu meningkat dalam setiap tahunnya hingga mencapai lebih dari 35 persen. Tahun ini, total kuota beasiswa JFSL mencapai 1.253 untuk berbagai jenis beasiswa dan melibatkan 108 perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi di luar Jabar.
Libatkan 108 Universitas, Pemprov Jabar Gelontorkan Beasiswa JFSL Rp25 Miliar

"Tahun 2021 ini Jabar Future Leaders Scholarship untuk pertama kali bekerja sama dengan perguruan tinggi di luar Jawa Barat, di antaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, serta Institut Teknologi Sepuluh November," ungkap Dedi Supandi di Bandung, Jumat (24/9/2021).



Adapun berbagai bantuan beasiswa yang disediakan, lanjut Dedi, yakni beasiswa pendidikan S1 penuh, bantuan biaya pendidikan S2 dan S3, beasiswa pendidikan untuk jenjang D3, D4 dan S1 Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU), beasiswa prestasi seni dan budaya, prestasi olahraga, prestasi aktivis, dan prestasi keagamaan di mana anggaran total yang disiapkan sebesar Rp25 miliar.

"Kita berharap teman-teman yang mendapat beasiswa mampu mengamalkan dan memanfaatkan ilmunya, bagaimana membangun desa-desa yang ada di Jabar karena Jabar Juara Lahir Batin akan hadir jika seluruh desa dan kelurahan menjadi desa dan kelurahan juara," harap Dedi.

Selain itu, keberhasilan program pendampingan tahun sebelumnya juga diteruskan di tahun ini, agar tujuan program beasiswa JFLS 2021 dapat tercapai, yakni terbentuknya pemuda yang memiliki jiwa kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan.

"Tidak hanya itu, di tahun 2021 ini juga telah diselenggarakan program magang bagi para penerima beasiswa Jabar Future Leader Scholarship 2020 dan 2019 yang mana para peserta magang diberikan pengalaman profesional dalam pengelolaan dan proses penyelenggaraan beasiswa di Dinas Pendidikan Jawa Barat," terang Dedi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)