Cara dan Bacaan Dzikir yang Paling Disukai Allah Ta'ala

Senin, 20 September 2021 - 20:13 WIB
loading...
Cara dan Bacaan Dzikir yang Paling Disukai Allah Taala
Al Quran menyebutkan sejumlah cara berdzikir yang disukai Allah subhanahu wa taala. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Dengan beragam keutamaannya dzikir , ternyata ada cara dan bacaan dzikir yang paling disukai Allah Subhanahu wa ta'ala. Di dalam Al-Qur'an ada sekitar 50 ayat yang menjelaskan tentang pentingnya berdzikir, begitu juga dengan Sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa salam. Bahkan, Al Qur'an juga menyebutkan sejumlah cara berdzikir yang disukai Allah Ta'ala.

Dzikir sendiri merupakan sebaik-baik amalan yang paling suci. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menegaskan dalam sabdanya:

“Tidakkah kalian ingin kuberitahu tentang sebaik-baik amalan yang paling suci di sisi Tuhan kalian, paling tinggi menyertai derajat kalian, lebih baik dari menafkahkan emas dan perak, juga lebih baik dari musuh yang membunuh (di antara kalian) lalu kalian membunuhnya? Para sahabat menjawab “tentu saja, Ya Rasulullah”. Nabi berkata “berdzikir kepada Allah Taala” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi)



Sedangkan cara berzikir yang paling disukai, Allah firmankan dalam beberapa surat Al-Qur'an , antara lain:

1. Dengan cara rendah diri

Allah Ta'ala berfirman :

{قُلۡ مَنۡ يُّنَجِّيۡكُمۡ مِّنۡ ظُلُمٰتِ الۡبَرِّ وَالۡبَحۡرِ تَدۡعُوۡنَهٗ تَضَرُّعًا وَّخُفۡيَةً ۚ لَٮِٕنۡ اَنۡجٰٮنَا مِنۡ هٰذِهٖ لَـنَكُوۡنَنَّ مِنَ الشّٰكِرِيۡنَ‏}

Katakanlah (Muhammad), "Siapakah yang dapat menyelamatkan kamu dari bencana di darat dan di laut, ketika kamu berdoa kepada-Nya dengan rendah hati dan dengan suara yang lembut?" (Dengan mengatakan), "Sekiranya Dia menyelamatkan kami dari (bencana) ini, tentulah kami menjadi orang-orang yang bersyukur." (QS Al Anam : 63).

2. Dengan suara lembut

Allah Ta'ala berfirman:

{اُدۡعُوۡا رَبَّكُمۡ تَضَرُّعًا وَّخُفۡيَةً‌ ؕ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الۡمُعۡتَدِيۡنَ‌}

"Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas." (QS Al Araf :55).

3. Dengan rasa takut kepada Allah

Allah Ta'ala berfirman:

{وَاذۡكُرْ رَّبَّكَ فِىۡ نَفۡسِكَ تَضَرُّعًا وَّخِيۡفَةً وَّدُوۡنَ الۡجَـهۡرِ مِنَ الۡقَوۡلِ بِالۡغُدُوِّ وَالۡاٰصَالِ وَلَا تَكُنۡ مِّنَ الۡغٰفِلِيۡنَ}

"Dan ingatlah Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, pada waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah." (QS Al Araf: 205).

4. Dengan tidak mengeraskan suara

Allah Ta'ala berfirman:

{وَاذۡكُرْ رَّبَّكَ فِىۡ نَفۡسِكَ تَضَرُّعًا وَّخِيۡفَةً وَّدُوۡنَ الۡجَـهۡرِ مِنَ الۡقَوۡلِ بِالۡغُدُوِّ وَالۡاٰصَالِ وَلَا تَكُنۡ مِّنَ الۡغٰفِلِيۡنَ}
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)