Mobil Low Cost Kena Pajak 3%, Gaikindo: Ada yang Harganya Naik dan Turun

Selasa, 14 September 2021 - 23:58 WIB
loading...
Mobil Low Cost Kena Pajak 3%, Gaikindo: Ada yang Harganya Naik dan Turun
Jenis mobil Low Cost Green Car (LCGC) akan dikenai pajak 3% pada 16 Oktober 2021 mendatang seiring diterbitkannya Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM terbaru yang berdasarkan emisi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Jenis mobil Low Cost Green Car (LCGC) akan dikenai pajak 3% pada 16 Oktober 2021 mendatang seiring diterbitkannya Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM terbaru. Adapun penetapan tarif pajak ini berdasarkan skema baru peraturan pemerintah yang dihitung berdasarkan emisi dan konsumsi BBM.



Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto mengatakan, penetapan tarif dengan skema tersebut adalah langkah yang tepat dalam rangka penurunan kadar polusi serta penghematan pemakaian BBM.

“PPnBM berdasarkan emisi dan konsumsi akan lebih baik dan menunjang tujuan Pemerintah dalam rangka penurunan kadar polusi dan penghematan pemakaian BBM,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (14/9/2021).

Untuk diketahui, tarif PPnBM sejumlah 3% ini merupakan kali pertama bagi jenis mobil LCGC. Saat aturan LCGC terbit pada 2013, kelompok mobil ini mendapatkan keistimewaan dari pemerintah lantaran bebas dari pajak.



Walau demikian, Jongkie mengatakan hal itu tidak akan mengganggu penjualan mobil secara keseluruhan. Sebab, dari penghitungan pajak 3% akan ada perubahan harga sesuai dengan emisi serta konsumsi BBM. Dimana nantinya terdapat mobil yang mengalami kenaikan, namun ada juga yang mengalami penurunan harga.

“Seharusnya tidak mengganggu penjualan secara keseluruhan. Karena akan ada harga yang turun dan akan ada yang naik, tarifnya tergantung kadar emisi dan pemakaian BBM-nya” terang dia.

Namun, saat ditanya soal merek apa saja yang akan naik serta turun, Gaikindo tidak tahu pasti akan hal itu. Sebab semua tengah diatur oleh masing-masing perusahaan dan belum diinfokan lebih lanjut.

Sebagai informasi, saat ini terdapat enam produk LCGC yang tersedia di Indonesia, yaitu Toyota Agya, Toyota Calya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Honda Brio Satya, dan Suzuki Karimun Wagon R.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)