Taliban Sangkal Kabar Pemimpin Al-Qaeda Berlindung di Afghanistan

Selasa, 14 September 2021 - 14:36 WIB
loading...
Taliban Sangkal Kabar Pemimpin Al-Qaeda Berlindung di Afghanistan
Pemimpin al-Qaeda Ayman al-Zawahiri. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Taliban telah menguasai seluruh Afghanistan setelah runtuhnya pemerintah Kabul yang didukung Barat. Mereka berjanji kepada Rusia, Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lain bahwa mereka tidak akan membiarkan al-Qaeda dan kelompok teroris lainnya beroperasi di Afghanistan.

“Laporan bahwa Pemimpin al-Qaeda Ayman al-Zawahiri sedang disembunyikan Taliban tidak benar,” ungkap Mohammad Naim, juru bicara Taliban pada Sputnik, Selasa (14/9/2021).

"Ini bohong. Tidak ada hubungannya dengan kebenaran," papar Naim.



Pada Minggu (12/9/2021), Michael Morell, analis intelijen yang menjabat sebagai direktur CIA era Presiden Barack Obama antara 2011 dan 2013, mengatakan kepada CBS Face the Nation bahwa intelijen AS percaya Zawahiri tinggal di Afghanistan.



"Kami pikir begitu, yang berarti Taliban menyembunyikan Zawahiri hari ini. Taliban menyembunyikan al-Qaeda hari ini. Dan saya pikir itu poin yang sangat penting," ujar Morell. Pensiunan kepala CIA itu tidak merinci tuduhan itu.



Selama akhir pekan, Zawahiri dilaporkan terlihat dalam video yang dirilis pada peringatan 20 tahun serangan teror 9/11.

Analis intelijen berspekulasi bahwa rekaman itu belum tentu dibuat baru-baru ini, dan dapat difilmkan kapan saja sejak Februari 2020 dan penandatanganan perjanjian AS-Taliban di Doha tentang penarikan pasukan AS dari Afghanistan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)