Profesor Stanford Desak AS Hentikan ‘Perburuan’ Mata-mata China di Kampus-kampus

Senin, 13 September 2021 - 22:11 WIB
loading...
Profesor Stanford Desak AS Hentikan ‘Perburuan’ Mata-mata China di Kampus-kampus
Sekelompok profesor Universitas Stanford telah meminta Departemen Kehakiman untuk berhenti mencari mata-mata China di universitas-universitas Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Sekelompok profesor Universitas Stanford telah meminta Departemen Kehakiman untuk berhenti mencari mata-mata China di universitas-universitas Amerika Serikat (AS). Ini adalah upaya mengakhiri program yang digagas pemerintahan Donald, Trump yang menurut kelompok HAM menyebabkan profil rasial dan meneror beberapa ilmuwan.

Menurut surat yang ditandatangani oleh 177 anggota fakultas Stanford, ”Inisiatif China" yang diluncurkan pada akhir 2018 bertujuan untuk mencegah pencurian teknologi AS oleh China telah menyimpang secara signifikan dari misi awal.

“Itu merusak daya saing penelitian dan teknologi AS dan itu memicu bias yang, pada gilirannya, meningkatkan kekhawatiran tentang profil rasial," bunyi surat tersebut, seperti dilansir Reuters pada Senin (13/9/2021).

Peter Michelson, dekan senior Stanford untuk ilmu alam, yang merupakan inisiator pembuatan surat ini mengatakan apa yang dilakukan FBI dan otoritas keamanan AS lainnya sebagian besar adalah intimidasi semata.

"Saya pikir apa yang dilakukan FBI dalam banyak kasus adalah untuk menakut-nakuti orang - menyelidiki orang dan menginterogasi mereka. Dan itu berbahaya bagi negara," ucapnya.

Sementara itu, seorang profesor fisika Stanford, Steven Kivelson mengatakan dia terlibat karena dia melihat rekan-rekannya yang berasal dari China menderita dari lingkungan yang tidak bersahabat, yang menjadikan mereka sasaran serangan karena inisiatif tersebut.

Mantan Menteri Energi AS dan pemenang hadiah Nobel Steven Chu, yang juga merupakan seorang profesor di Stanford, mengatakan bahwa alih-alih membantu melindungi keunggulan AS dalam teknologi dan pemahaman, program tersebut berisiko merusak keunggulan Amerika dalam sains.

Departemen Kehakiman telah menerbitkan rincian setidaknya 27 kasus yang terkait dengan inisiatif tersebut, dengan hasil termasuk beberapa pengakuan bersalah, beberapa kasus dibatalkan dan beberapa sedang berlangsung.

Profesor di Institut Teknologi Massachusetts dan Universitas Harvard termasuk di antara mereka yang didakwa, seperti lima ilmuwan China yang mengunjungi para sarjana tahun lalu, meskipun tuduhan itu dibatalkan pada bulan Juli.

Mengenai kritik terhadap “Inisiatif China” tersebut, juru bicara Departemen Kehakiman AS, Wyn Hornbuckle mengatakan pemerintah AS berdedikasi untuk melawan upaya Beijing untuk merusak keamanan nasional dan membahayakan ekonomi Amerika.

Meski demikian, dia juga mengakui ini bisa meningkatkan ancaman kejahatan rasial terhadap orang Asia-Amerika. "Kami sangat memperhatikan diskriminasi," katanya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)