Guncangan Saat Naik Sepeda Motor Ternyata Bisa Merusak iPhone

Minggu, 12 September 2021 - 18:05 WIB
loading...
Guncangan Saat Naik Sepeda Motor Ternyata Bisa Merusak iPhone
iPhone yang merupakan salah satu smartphone bergengsi ternyata memiliki kelemahan ketika dibawa naik sepeda motor gede alias moge. Foto/dok
A A A
JAKARTA - iPhone yang merupakan salah satu smartphone bergengsi ternyata memiliki kelemahan ketika dibawa naik sepeda motor gede alias moge. Ternyata beberapa komponen di iPhone yang bisa rusak terkena getaran ketika Anda naik moge.

Dilansir dari The Verge, Minggu (12/9/2021), getaran dari motor, terutama motor bertenaga tinggi rupanya bisa merusak sistem kamera di iPhone. Karena ada teknologi canggih yang disematkan di kamera iPhone yang disebut OIS.

“Ketika anda menggoyangkan kamera secara tak sengaja saat mengambil foto, tentunya hasil gambar akan terlihat buram. Untuk mencegah hal ini, beberapa model iPhone dilengkapi dengan sistem stabilisasi gambar bernama OIS,” tulis Apple.



Dengan adanya OIS, ketika goyangan ponsel anda dirasa cukup kencang oleh giroskop, maka OIS akan menggerakkan kamera untuk mengimbangi goyangan tersebut agar gambar terlihat lebih stabil.

Tak hanya OIS, rupanya Apple juga memiliki sistem fokus otomatis yang mendeteksi gravitasi dan juga getaran alami yang sering dilakukan tangan para pengguna.

Beberapa model iPhone juga dilengkapi dengan sistem closed-loop autofocus (AF) yang menolak efek gravitasi dan getaran untuk menjaga fokus dalam foto, video, dan juga panorama.

"Closed-loop AF akan menghitung efek gravitasi dan getaran menggunakan sensor magnetis untuk kemudian menggerakkan lensa melawan arah bergeraknya gawai untuk menjaga stabilitas gambar,” lanjut Apple.



Namun, dua sistem tersebut rupanya bisa cepat rusak bila iPhone mengalami getaran secara konsisten dan berdurasi panjang. Beberapa frekuensi getaran, menurut Apple, bisa mengurangi kualitas foto dan video.

Di artikel yang sama, Apple menjelaskan bahwa getaran yang dibuat oleh sepeda motor rupanya termasuk dalam jenis getaran yang bisa merusak OIS dan closed-loop AF milik iPhone.

Apalagi menempelkan iPhone di stang motor untuk alat bantu navigasi. Rupanya getaran yang menjalar di bodi dan stang motor juga bisa merusak sistem OIS dan closed-loop AF.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)