Media Iran: 9/11 Awal dari Berakhirnya Amerika

Minggu, 12 September 2021 - 07:59 WIB
loading...
Media Iran: 9/11 Awal dari Berakhirnya Amerika
Surat kabar Iran membuat ilustrasi kontroversial dalam peringatan 20 tahun serangan teroris 11 September sebagai halaman depannya dengan judul Awal dari Berakhirnya Amerika. Foto/Twitter
A A A
TEHERAN - Sebuah surat kabar Iran menandai peringatan 20 tahun serangan teroris 11 September dengan ilustrasi halaman depan yang kontroversial, dengan judul Awal dari Berakhirnya Amerika.

Menurut wartawan BBC Kian Sharifi, surat kabar Iran Vatan-e Emruz menggunakan gambar dan judul yang "dipertanyakan" untuk membahas serangan teroris tahun 2001 yang menewaskan hampir 3.000 warga sipil dan responden pertama di Amerika Serikat (AS).

"Surat kabar garis keras Iran Vatan-e Emruz menandai peringatan 20 tahun serangan #September11 dengan kartun halaman depan yang dipertanyakan berjudul "Demise". Judulnya dengan warna merah berbunyi: "9/11: Awal dari berakhir Amerika,'" tweet Sharifi seperti dikutip dari Newsweek, Minggu (12/9/2021).

Dalam beritanya, surat kabar Iran itu membuatilustrasi menara kembar World Trade Center sebagai kaki Paman Sam yang terputus, dengan asap mengepul dan sebuah pesawat terbang di kejauhan.

Gambar halaman depan kontroversial itu muncul pada peringatan dua dekade serangan teroris mematikan, ketika empat pesawat komersial dibajak oleh kelompok Islam radikal al-Qaeda , yang dipimpin oleh Osama bin Laden , dan menabrak tiga lokasi di AS.



Satu pesawat diterbangkan ke Pentagon di luar Washington, dua lainnya diterbangkan ke menara kembar World Trade Center di New York City, dan yang keempat jatuh di Shanksville, Pennsylvania. Secara total, 2.977 orang tewas dan ribuan lainnya terluka. Mayoritas dari mereka yang meninggal, atau 2.753, tewas di New York.

Serangan-serangan mengerikan itu membuat AS memulai "perang melawan teror" untuk menghancurkan al-Qaeda dan mencegah pembentukan kelompok teroris lainnya, yang mengarah ke aksi militer di Afghanistan, Irak, serta di tempat lain. Bulan lalu, Presiden Joe Biden menarik semua pasukan AS dari Afghanistan, yang secara efektif mengakhiri perang terpanjang Amerika.

Pada hari Sabtu, Biden menyebut serangan 9/11 sebagai tindakan pengecut dan kebencian yang tak terkatakan sebelum mengunjungi ketiga lokasi yang menjadi target serangan pada tahun 2001.

“Dua puluh tahun yang lalu, hampir 3.000 nyawa terpotong oleh tindakan pengecut dan kebencian yang tak terkatakan pada 9/11. Sebagai sebuah bangsa, kita tidak boleh melupakan mereka yang hilang selama salah satu momen tergelap dalam sejarah kita dan rasa sakit abadi keluarga korban dan orang-orang terkasih," kata Biden dalam sebuah pernyataan di Twitter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)