Goa Berisi Emas di Deliserdang Banyak Didatangi, Ini Fakta dan Penjelasan Ahli Geologi

Jum'at, 10 September 2021 - 10:38 WIB
loading...
Goa Berisi Emas di Deliserdang Banyak Didatangi, Ini Fakta dan Penjelasan Ahli Geologi
Dalam beberapa hari ini warga Kota Medan dihebohkan dengan viralnya video instagram soal goa yang berisi emas di Kawasan Wisata Goa Tao 8 Putri, Kecamatan STM Hulu, Deliserdang, Sumatera Utara. Foto iNews TV/Ahmad RN
A A A
DELISERDANG - Dalam beberapa hari ini warga Kota Medan dihebohkan dengan viralnya video instagram soal goa yang berisi emas di Kawasan Wisata Goa Tao 8 Putri, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang , Sumatera Utara
Goa Berisi Emas di Deliserdang Banyak Didatangi, Ini Fakta dan Penjelasan Ahli Geologi

Dalam video tersebut tampak beberapa orang datang dan masuk ke dalam goa. Lalu pemilik video menyebut goa itu mirip wajah manusia. Saat masuk ke dalam dan menerangi dinding goa terlihat ada serpihan berwarna berwarna keemasan. Mereka menyebut emas namun tidak boleh diambil karena lokasi goa masih sakral.

Baca Juga: Gali Tanah, Warga Temukan Emas Batangan Bergambar Presiden Soekarno

Terkait hebohnya video goa berisi emas tersebut Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumut memastikan jika serpihan kuningan yang berada dalam goa tersebut bukanlah emas melainkan mineral pirit ataulogam biasa.

"Yang ada di video viral itu bukanlah emas melainkan mineral yang disebut pirit. Pirit sendiri terbentuk karena adanya proses magmatisme dari bawah dan juga proses hidrotermal yang mengandung unsur besi dan sulfur yang masuk ke bebatuan," kata Khairul Ikhsan dari IAGI Sumut.

Baca Juga: Bikin Heboh, Warga Minahasa Selatan Mengaku Temukan Emas Harta Karun Bung Karno

Sehingga dia mengimbau agar tidak mudah percaya karena dipastikan serpihan kuningan yang berada di dinding goa bukanlah emas seperti yang dinarasikan dalam video viral di sosial media tersebut.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3328 seconds (0.1#10.140)