Indikator Leveling Covid-19 di Pangandaran Membaik

Senin, 30 Agustus 2021 - 11:11 WIB
loading...
Indikator Leveling Covid-19 di Pangandaran Membaik
Saat Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata berkunjung ke salah satu sekolah di Pangandaran.
A A A
PANGANDARAN - Indikator leveling Covid-19 pada masa PPKM di Kabupaten Pangandaran sudah berjalan baik. Bupati Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, pihaknya menargetkan status level PPKM di Pangandaran menempati level II.

"Sekarang Pangandaran level III, pekan depan harus sudah level II agar aktivitas wisata bisa dibuka," kata Jeje Minggu (29/8/2021).

Ia menambahkan, dari total enam indikator leveling kasus Covid-19 di Indonesia sebanyak lima indikator di Pangandaran sudah bagus. "BOR RSU sudah di bawah 20%, tingkat kematian rendah, rasio kasus aktif rendah, penanganan rawat inap juga rendah," ucap Jeje.

Namun untuk tracing dan testing belum berjalan maksimal dan pihak Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten sudah melaksanakan evaluasi. "Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan testing terhadap anak sekolah," jelasnya.

Ia menargetkan, setiap hari harus ada 200 siswa yang diperiksa melalui test swab antigen. "Sekolah mulai masuk dan aktivitas belajar digelar secara tatap muka sehingga perlu memaksimalkan pemeriksaan dilingkungan sekolah," katanya.

Jeje menerangkan, sudah memberi arahan agar Kepala Sekolah membawa anak didiknya untuk ditesting. Ia mengaku tidak mudah mengajak masyarakat untuk ditesting dan banyak yang menolak. Bahkan untuk seorang yang sudah berstatus kontak erat pun, banyak yang enggan menjalani testing.

"Minimal dalam satu hari ada 200 peserta yang diperiksa," ujar Jeje.

Testing kontak erat pasien positif juga ditingkatkan menjadi minimal 10 orang per satu pasien positif. "Kami libatkan peran TNI dan Polri dalam pelaksanaan testing," tuturnya.

Target ideal testing dalam satu hari adalah 800 orang, namun Pemkab Pangandaran akan melakukan secara bertahap dan berkala. "Sedangkan untuk vaksinasi dalam satu hari Pemkab Pangandaran rata-rata berhasil melaksanakan vaksin kepada 3.500 orang," ucapnya.

Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 saat ini di Kabupaten Pangandaran berada di angka 95 persen.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)