Jangan Sampai Kurang atau Berlebih, Begini Durasi Tidur Ideal Berdasarkan Usia

Senin, 30 Agustus 2021 - 07:36 WIB
loading...
Jangan Sampai Kurang atau Berlebih, Begini Durasi Tidur Ideal Berdasarkan Usia
Kebutuhan tidur setiap kelompok usia berbeda-beda. Karenanya, penting mengetahui kebutuhan tidur sesuai usia. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Tidak cukup tidur kadang dianggap sepele dan biasa, padahal bisa berdampak buruk pada kesehatan. Kurang tidur bisa berpengaruh pada kinerja otak bagi orang dewasa, sedangkan pada anak-anak bisa mempengaruhi pertumbuhan.

Masih banyak orang mengabaikan pola tidur mereka untuk mengembalikan daya tahan tubuh . Kebutuhan tidur setiap kelompok usia berbeda-beda. Karenanya, penting mengetahui kebutuhan tidur sesuai usia.

Berikut, melansir dari Kementerian Kesehatan Indonesia, berapa saja durasi tidur ideal untuk seseorang melakoni pola tidur dalam sehari berdasarkan umur:

1.Usia 0-1 Bulan

Bayi yang usianya baru mencapai 2 bulan, umumnya membutuhkan tidur 14-18 jam setiap hari.



2.Usia 1- 18 Bulan

Pada usia ini, bayi membutuhkan waktu tidur 12-14 jam setiap hari termasuk tidur siang. Tidur cukup akan membuat tubuh dan otak bayi berkembang baik dan normal.

3.Usia 3-6 Tahun

Kebutuhan tidur yang sehat di usia anak menjelang masuk sekolah ini, mereka membutuhkan waktu untuk istirahat tidur 11-13 jam, termasuk tidur siang. Menurut penelitian, anak usia di bawah enam tahun yang kurang tidur, akan cenderung obesitas di kemudian hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)