Gedung DPRD Mangkrak Setahun Lebih, Pemda KBB Minta Bantuan Gubernur

Rabu, 25 Agustus 2021 - 02:06 WIB
loading...
Gedung DPRD Mangkrak Setahun Lebih, Pemda KBB Minta Bantuan Gubernur
Asisten Daerah 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Pemda KBB, Maman Sulaeman. Foto/Dok.Pribadi
A A A
BANDUNG BARAT - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) meminta bantuan Pemprov Jawa Barat (Jabar) untuk menyelesaikan pembangunan gedung DPRD di Mekarsari, Ngamprah. Pasalnya gedung wakil rakyat tersebut sudah mangkrak selama satu tahun lebih akibat tidak tersedianya anggaran di APBD KBB imbas refocusing COVID-19.

"Sejak Maret 2020 pembangunan gedung DPRD terhenti akibat tidak ada anggaran. Makanya kita coba mencari ke Pemprov Jabar melalui Gubernur, agar ada kucuran bantuan anggaran untuk menyelesaikannya," kata Asisten Daerah 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Pemda KBB, Maman Sulaeman, Selasa (24/8/2021).

Maman menyebutkan, alokasi anggaran untuk pembangunan gedung dewan itu totalnya sebesar Rp142 miliar. Namun karena pandemi COVID-19 melanda sejak awal tahun 2020, maka kebijakan program prioritas dan anggaran di Pemda KBB mengalami perubahan.

Sebagian besarnya dialokasikan untuk penanganan COVID-19 , sementara untuk kegiatan pembangunan fisik dikurangi. Hal itu berimbas kepada pembangunan gedung DPRD yang sedang dilakulan.

Jika melihat kondisi di lapangan saat ini progresnya sudah mencapai sekitar 80-90 persen. "Paling tinggal finishing dan bagian interior. Kebutuhan anggarannya diprediksi sekitar Rp40-50 miliar lagi," kata dia.

Sebenarnya, jika tahun lalu tidak ada refocusing anggaran untuk penanganan COVID-19, maka pembangunan gedung DPRD KBB itu seharusnya sudah selesai. Target selesai pembangunan gedung DPRD ini adalah di akhir tahun 2021, sehingga diharapkan bantuan dari Pemprov Jabar bisa segera turun.

Menurutnya, Plt Bupati Bandung Barat sudah berkomunikasi dan melayangkan surat resmi ke Gubernur Jabar, agar bantuan untuk menyelesaikan pembangunan gedung itu bisa segera turun. "Gubernur beberapa hari lalu sempat kesini dan melihat gedung itu (mangkrak). Jadi provinsi mau bantu karena beliau respons dengan KBB," imbuhnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)