Dijebloskan ke Tahanan Akibat Korupsi Dana PNPM Rp871 Juta, SR Menangis Histeris

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 20:54 WIB
loading...
Dijebloskan ke Tahanan Akibat Korupsi Dana PNPM Rp871 Juta, SR Menangis Histeris
SR (53), Kasi Pemerintahan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, tertunduk saat dibawa ke mobil dijebloskan ke tahanan Polsek Prajuritkulon. Foto/SINDOnews/Tritus Julan
A A A
MOJOKERTO - Kasi Pemerintahan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, berinisial SR menangis histeris saat dijebloskan ke sel tahanan Polsek Prajuritkulon. SR terlibat penyalahgunaan anggaran pinjaman bergulir program PNPM, tahun anggaran 2017-2018.



Wanita berusia 53 tahun ini diduga melakukan tindak pidana korupsi penyelewengan anggaran pinjaman bergulir sebesar Rp871 juta. Anggaran pinjaman yang semestinya untuk peningkatan ekonomi masyarakat itu, justru diselewengan dan diberikan kepada sang adik berisial L yang saat itu menjabat sebagai Kepala Desa Sumberwuluh.



"Hari ini kita telah melakukan pemeriksaan dengan tersangka SR dalam kasus tindak pidana koruspi dana PNPM untuk simpan pinjam pada PKK Desa Sumberwuluh. Yang bersangkutan kita lakukan penahanan," kata Kasat Reskrim Polres Kota (Polresta) Mojokerto, Iptu Hari Siswanto, Sabtu (7/8/2021).



Modus operandi yang digunakan SR dan R ini yakni setelah dana pinjaman tersebut cair ke PKK, SR yang menjabat sebagai Kasi Pemerintahan Desa Sumberwuluh, lantas meminta kembali uang sebesar Rp871 juta itu. Uang yang bersumber dari APBN tahun 2014 itu kemudian diserahkan kepada R yang notabene adik kandungnya.

"Sebelumnya SR dan R sudah ada kesepakatan. Jadi setelah dana bergulir itu cair, dana itu ditarik kembali oleh tersangka dari anggota PKK. Uang yang diserahkan sebesar Rp871 juta. Pengakuan tersangka seperti itu," imbuhnya.



Namun berdasarkan pengakuan SR, seluruh uang tersebut dinikmati R seorang diri. Kepada penyidik Unit Tipikor Satreskrim Polresta Mojokerto, SR bersikukuh tidak ikut menggunakan uang pinjaman bergulir tersebut. Namun demikian pihak kepolisian masih mendalami keterangan SR ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3151 seconds (0.1#10.140)