Vaksinasi COVID-19 Warga di Sekitar Danau Toba Jadi Prioritas

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 02:15 WIB
loading...
Vaksinasi COVID-19 Warga di Sekitar Danau Toba Jadi Prioritas
Ratusan warga sekitar lahan otoritatif Danau Toba, Sumut divaksinasi covid-19 dosis pertama yang digelar BPODT dan Kodam I Bukit Barisan, Jumat (6/8/2021). (foto/ist)
A A A
MEDAN - Ratusan warga dan pegiat pariwisata yang berdomisili di sekitar lahan otoritatif Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) divaksinasi COVID-19 dosis pertama yang digelar Badan Pelaksan Otorita Danau Toba (BPODT) dan Kodam I Bukit Barisan, Jumat (6/8/2021).

Vaksinasi itu digelar di The Kaldera Toba Nomadic Escape yang merupakan pusat pembangunan Toba Caldera Resort (TCR).

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan vaksinasi di kawasan Danau Toba menjadi pekerjaan rumah (PR) besar baginya. Sandi mendapat kabar bahwa capaian vaksinasi di kawasan Danau Toba masih cukup rendah.

“Terima kasih kepada Pangdam I/BB atas bantuannya. Ini sesuai dengan arahan Presiden. Untuk mampu mendorong program vaksinasi secara maksimal. Saya mendapat berita, dari Mbak Vera Piltik Coffee, bahwa tingkat vaksinasi di kawasan Danau Toba masih sangat rendah. Ini menjadi PR besar buat kita. Nanti akan ada program yang mengarah kepada pemulihan kesehatan, ekonomi dan program kemanusiaan yang saat ini butuh sekali bantuan. Ini harus segera kita eksekusi,” terangnya secara virtual.

Baca juga: Vaksinasi Berbuntut Ricuh, GMKI Desak Kapolda Sumut Bertanggungjawab

Vaksinasi itu dihadiri langsung oleh Pangdam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal Hassanudin. Dia mengungkapkan pihaknya siap mendukung vaksinasi di kawasan Pariwisata Danau Toba.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap menegakkan protokol kesehatan meski sudah mengikuti vaksinasi. “Sesuai dengan kedatangan vaksin. Ini akan kita lakukan secara berkelanjutan. Ini menjadi prioritas karena di kawasan pariwisata. Sehingga nanti bisa aktif kembali,” ujarnya.

Dukungan Kodam I/Bukit Barisan diapresiasi Direktur BPODT Jimmy Bernando Panjaitan. Pihaknya siap untuk memfasilitasi vaksinasi untuk sejumlah desa yang berada di kawasan otoritatif.

“Sesuai arahan Presiden, kami sangat mendukung program vaksinasi yang terus digalakkan oleh pemerintah sesuai. Kami sangat berterima kasih, kepada Panglima Kodam I/BB yang sudah menyediakan vaksin. Ini untuk mendukung, masyarakat yang ada di kawasan dari lima desa yang kita ajak untuk vaksin,” jelas Jimmy.

Masyarakat begitu antusias mengikuti vaksinasi tersebut. Mereka ingin vaksinasi menjadi upaya pemulihan kondisi pariwisata di kawasan Danau Toba yang berdampak pada perekonomian mereka.

“Tentunya kita berterima kasih bisa difasilitasi vaksinasi oleh BPODT dan Kodam I/BB. Semoga dengan vaksinasi ini Covid-19 bisa segera dikendalikan,” ungkap Christin, seorang warga yang divaksinasi.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)