GoTo, KADIN dan Samator Group Inisiasi Rumah Oksigen Gotong Royong

Minggu, 18 Juli 2021 - 23:18 WIB
loading...
GoTo, KADIN dan Samator Group Inisiasi Rumah Oksigen Gotong Royong
Goto, Kadin dan Samator Group membat inisiasi rumah oksigen gotong royong. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - GoTo, grup teknologi yang menaungi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia) beserta PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group), menginisiasi fasilitas kesehatan 'Rumah Oksigen Gotong Royong' yang merupakan bagian dari upaya bersama mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia.

Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan suatu fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan (bed) bagi warga terpapar COVID-19 dengan gejala sedang (kategori 2).

Baca Juga: Gencarkan Vaksin Gotong Royong, Kadin: Alokasi yang Diberikan Baru 933 Ribu Dosis

Rumah Oksigen Gotong Royong dicetuskan sebagai upaya bahu membahu dan saling membantu berbagai pihak di ekosistem Grup GoTo, KADIN Indonesia, Samator Group, mitra strategis, pemerintah dan masyarakat luas untuk bersama-sama menghadapi tantangan pandemi.

Sebagai project pertama, Rumah Oksigen Gotong Royong dibangun di Pulogadung tepat di sebelah kawasan pabrik Samator Group, di atas lahan yang disediakan oleh PT Master Steel dan didukung oleh PT Tripatra Engineers and Contractors sebagai perusahaan yang menangani pembangunan Rumah Oksigen.

Rumah Oksigen Gotong Royong yang akan beroperasi dalam waktu dekat ini dapat diakses melalui aplikasi Halodoc. GoTo dan KADIN Indonesia sedang dalam tahap finalisasi untuk kemitraan dengan pihak yang akan mengelola operasional Rumah Oksigen Gotong Royong dengan kemampuan dan pengalaman dalam pengelolaan fasilitas kesehatan.

Adapun lima solusi dan efektivitas Rumah Oksigen Gotong Royong, diantaranya lokasi yang berada di jantung suplai oksigen pabrik Samator Group akan memastikan ketersediaan oksigen setiap saat bagi para penderita COVID-19 dengan gejala sedang. Kedua, kecepatan dan kedekatan akses ini akan mengeliminasi tantangan logistik dimana sering kali pasien harus mencari dan membawa oksigen dari tempat yang jauh.

Solusi ketiga, kemudahan sistem registrasi/pemesanan tempat di Rumah Oksigen Gotong Royong melalui aplikasi Halodoc. Selanjutnya, operasional yang dikelola oleh pihak yang berpengalaman di pengelolaan fasilitas kesehatan. Serta kemudahan akses kepada berbagai rumah sakit di sekitar lokasi, baik rumah sakit rujukan COVID-19, maupun rumah sakit swasta, untuk penderita yang mengalami eskalasi kasus.

Baca Juga: Antisipasi Perburukan Kondisi Pasien Covid-19, Kadinkes DKI Minta Kemenkes Beri Kewenangan Ini

Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan salah satu upaya dunia usaha dalam mendukung penanganan COVID-19. Pihaknya melihat, hal yang mendesak di tengah pandemi saat ini adalah kebutuhan oksigen bagi warga terpapar COVID-19.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2151 seconds (10.55#12.26)