Tanah Amblas di Luwu Nyaris Putus Jalan Trans Sulawesi

Selasa, 13 Juli 2021 - 21:41 WIB
loading...
Tanah Amblas di Luwu Nyaris Putus Jalan Trans Sulawesi
Tanah amblas yang terjadi di Desa Salu Paremang, Kecamatan Kamanre, Kabupaten Luwu, Selasa (13/7) siang. Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Fenomena tanah amblas atau tanah bergerak terjadi di Desa Salu Paremang, Kecamatan Kamanre, Kabupaten Luwu, Selasa, (13/7) pagi.

Fenomena alam ini menyebabkan terbelahnya tanah yang diperkirakan mencapai panjang 50 meter. Titik kejadian tepat di jalan poros trans Sulawesi, sehingga membelah bahu jalan dan menyebabkan aspal retak.

Baca Juga: Satlantas Polres Luwu
Informasi yang dihimpun SINDOnews, tanah amblas dan terbelah ini terjadi sekitar pukul 07.00 Wita. Kepala Desa Salu Paremang, Sarmang, kepada sejumlah wartawan menyebutkan lebar tanah yang terbelah hampir 1 meter.
Tanah Amblas di Luwu Nyaris Putus Jalan Trans Sulawesi

"Kejadiannya sekitar pukul 07.00 Wita, tidak ada tanda tanda banjir besar, hujan memang tapi hanya gerimis, tidak deras. Warga saya heboh, ternyata ada kejadian tanah amblas dan terbelah," ujarnya.

"Seperti yang kita lihat lokasinya hanya beberapa meter dari sungai besar di Kamanre atau Sungai Paremang. Dan ini membelah bahu jalan, bahkan kondisinya ada aspal yang retak. Lebar tanah yang retak ada sekitar 70 sentimeter," lanjut Sarmang.

Data yang dihimpun SINDOnews menyebutkan, area yang mengalami fenomena tanah amblas ini hanya sekitar 7 sampai 10 meter dari sungai besar di Kecamatan Kamanre, Kabupaten Luwu.

Baca Juga: banjir
Namun tidak sampai 5 tahun setelah pengerjaan, terjadi bencana tanah amblas dan menyebabkan keretakan tanah dan aspal di poros trans Sulawesi.

Data lapangan juga menunjukan tanah atau lokasi antara sungai dan jalan poros digunakan warga membangunrumah dan juga kios jualan makanan.

Kejadian ini langsung mendapat respons dari Pemerintah Kabupaten Luwu . Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu, Sulaiman menyampaikan, informasi ini langsung direspons cepat oleh Bupati Luwu, Basmin Mattayang .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)