Tingkatkan Imunitas hingga Cegah Kanker dengan Mengonsumsi Jamu

Minggu, 27 Juni 2021 - 09:18 WIB
loading...
Tingkatkan Imunitas hingga Cegah Kanker dengan Mengonsumsi Jamu
Jamu merupakan ramuan herbal yang sudah sejak dulu digunakan masyarakat Indonesia untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Foto: Okezone
A A A
JAKARTA - Jamu merupakan ramuan herbal yang sudah sejak dulu digunakan masyarakat Indonesia untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Dilansir Imocor, ada banyak rempah andalan yang sering diolah menjadi jamu. Seperti sambiloto, jahe, kunyit, bawang putih juga propolis.

Sambiloto mengandung zat berasa pahit bernama andrografolida, yang memiliki fungsi imunomodulasi yang kuat untuk mencegah sistem imunitas saat infeksi.

Jahe , sebut Pakar Jamu Nasional Dr Charles Saerang, banyak digunakan untuk memperbaiki pencernaan, mengatasi radang, mendukung kesehatan jantung, dan mengurangi resiko kanker. Kandungan utamanya ialah gingerol, zingerone, shaogaol.



"Kandungan zingerone dapat hancur ketika jahe dipanaskan, ini adalah salah satu alasan mengapa pengolahan jahe di rumah tidak optimal," paparnya.

Kemudian, kunyit banyak digunakan untuk mencegah penyakit jantung, alzheimer , gangguan mata, hingga depresi. Kunyit juga ditengarai dapat menurunkan resiko kanker. Kandungan penting dalam kunyit ialah curcumin yang merupakan imunomodulator.

Propolis juga bersifat antiseptic, antiinflamasi, antibakteri, antimikotik, antiulkus, dan antikanker.

Dalam kehidupan sehari-hari, manfaat propolis juga dapat penyembuhan luka, kanker, herpes atau infeksi virus," tambahnya.

Bawang putih yang juga bersifat antivirus, antimikroba, antikoagulan, dan antiparasit. Bawang putih mengandung allicin yang hancur ketika bawang putih digeprek.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2474 seconds (0.1#10.140)