Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Ridwan Kamil Kejar Target Semua Desa di Jabar Terdigitalisasi

loading...
Ridwan Kamil Kejar Target Semua Desa di Jabar Terdigitalisasi
Pemprov Jabar menargetkan semua desa di Jabar terdigitalisasi.Foto istimewa
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengejar target semua desa di Jawa Barat bisa mengakses digitalisasi agar ekonomi desa bisa terdongkrak. Upaya digitalisasi desa diharapkan rampung dalam dua tahun kedepan.

"Kami sekarang sedang mengebut selama dua tahun ini, untuk memastikan di desa desa ekonominya melambat karena akses digital. Apalagi ada dukungan dari bank bjb dan e-commerce," kata Ridwan Kamil saat launching desa digital di Karawang. Baca juga: SMRC: Ridwan Kamil Lebih Disukai Dibanding Anies dan Ganjar

Menurut dia, Pemprov Jabar akan menghibahkan perangkat komputer untuk mempercepat digitalisasi desa. Untuk bisa mendapat hibah komputer, kabupaten atau kota tinggal mengajukan kepada Pemprov Jabar.

Dengan adanya perangkat komputer dan internet di desa, dia berharap desa akan semakin maju. Karena berbagai produk seperti makanan bisa dijual secara online melalui marketplace.

Dengan pangsa pasar yang luas, diharapkan ekonomi desa akan cepat terdongkrak. "Harapannya Karawang menjadi yang pertama semua desanya bisa mengakses digital. Totalnya ada sekitar 297 desa," imbuh dia.

Sementara itu, Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi menyatakan komitmennya mendukung program desa digital. Salah satunya dengan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp32 miliar bagi sekitar 2.000 hektare lahan pertanian. Di Karawang, KUR tersebut diberikan kepada anggota dari Baitul Maal wa Tamwil Niaga Utama (BMT NU) Kabupaten Karawang.



"Penyaluran kredit diutamakan untuk masyarakat petani penggarap dengan KTP domisili karawang. Para petani dijamin oleh BMT NU yang bertindak sebagai avalis dan off taker hasil panen petani," jelas Yuddy saat penandatangan MoU penyaluran KUR di Pesantren Assidiqiyah 3 Cilamaya, Kabupaten Karawang.

Menurut dia, para petani yang menjadi penerima fasilitas KUR ini merupakan salah satu kelompok masyarakat yang menjadi sasaran prioritas. "Tentu kami akan terus melakukan perluasan jangkauan KUR agar dapat memberikan manfaat yang lebih optimal dalam upaya pemulihan ekonomi nasional," jelas Yuddy. Baca juga: COVID-19 Kian Merajalela, Ridwan Kamil Usul Pusat Tiadakan Libur Panjang Idul Adha

Sementara pada kerja sama penyalurkan kredit Mesra, Bank bjb Kantor Cabang Karawang juga memberikan kredit kepada pedagang kecil atau pelaku UKM anggota BMT NU di area Kabupaten Karawang. Jumlah pedagang yang menerima kredit sebanyak 4000 orang atau dana yang digulirkan senilai Rp20 miliar. Setiap pedagang mendapatkan kredit Rp5 juta.

Kredit Mesra bjb sengaja dirancang dengan segala macam kemudahan yang ditawarkan. Pembiayaan ini disalurkan tanpa agunan sehingga masyarakat tak terbebani. Persyaratan yang diberikan untuk pengajuan kredit pun terbilang mudah. Masyarakat yang berminat mengajukan pinjaman hanya menyiapkan persyaratan berupa KTP, KK dan surat nikah bagi yang telah menikah.
(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top