Jangan Disepelekan, Begini Kata Dokter Soal Pentingnya Sarapan

Rabu, 16 Juni 2021 - 08:05 WIB
loading...
Jangan Disepelekan, Begini Kata Dokter Soal Pentingnya Sarapan
Sarapan merupakan hal krusial dan bisa berdampak pada aktivitas seharian. Foto: Insanely Good Recipe
A A A
JAKARTA - Banyak orang ingin memiliki berat badan ideal dengan cepat dan tidak bersusah payah. Padahal, mengontrol berat badan butuh usaha ekstra, seperti mengatur pola makan yang sehat dan olahraga teratur.

Akibatnya, untuk menurunkan berat badan secara instan, banyak orang mengurangi porsi makan hingga tidak jarang melewatkan sarapan . Padahal, sarapan merupakan hal krusial dan bisa berdampak pada aktivitas seharian.

Dokter Spesialisasi Gizi Klinik, dr Diana F Suganda, MKes, SpGK mengatakan, sejatinya melewatkan sarapan pagi memiliki dampak yang buruk bagi aktivitas masyarakat. Sebab sarapan adalah hal yang sangat krusial dan tidak bisa dilewatkan.



“Jangan lewatkan sarapan. Sarapan pentingnya untuk mendapat asupan gizi sehingga konsentrasi kita baik. meski meeting di rumah, tetap harus sarapan,” ujar dr Diana belum lama ini.

Penting diingat, sarapan yang dikonsumsi jangan asal enak dan praktis. Tapi, gizinya juga harus lengkap dan seimbang. Harus ada karbohidrat untuk konsentrasi juga protein , serta berbagai nutrisi lainnya. Selain itu dr Diana juga menjelaskan bahwa makanan yang bernutrisi tidak harus makanan besar.

“Tidak usah makan besar, bisa simple food, asal kandungan nutrisinya lengkap. Misalnya roti gandung dengan telur, smoothie bowl dengan yogurt dan kacang-kacangan. Bisa juga oat dengan susu,” lanjutnya.

Menurutnya susu merupakan sumber protein hewani, dengan skor DIAAS yang sangat baik. Skor DIAAS adalah skor yang menilai, seberapa besar suatu bahan makanan dicerna tubuh. Dan skor susu sangat tinggi sekali.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)