KIW Brebes Siap Tampung Relokasi 27 Pabrik AS dari China ke Indonesia

Senin, 25 Mei 2020 - 17:25 WIB
loading...
KIW Brebes Siap Tampung Relokasi 27 Pabrik AS dari China ke Indonesia
Dirut PT KIW Rahmadi Nugroho menyatakan bahwa Kawasan Industri Brebes siap menerima relokasi 27 pabrik AS dari China ke Indonesia. Foto : IST
A A A
SEMARANG - Indonesia memenangkan pertempuran di negara-negara Asia Tenggara sebagai tujuan utama untuk relokasi pabrik-pabrik AS. Presiden Donald Trump memutuskan untuk merelokasi sekitar 27 pabrik AS dari Cina ke Indonesia.

Menurut Direktur Utama PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW), Rahmadi Nugroho, konflik karena persaingan dagang antara AS dan Cina tersebut sangat menguntungkan Indonesia.

Apalagi beberapa perusahaan Eropa dan Jepang juga bergabung dengan AS untuk keluar dari Tiongkok untuk memutus rantai pasokan dunia dari Tiongkok.

"Ini peluang sekaligus tantangan. Peluang harus dimanfaatkan, ditangkap, sedangkan tantangan harus dihadapi dan diselesaikan. Sulit memang, tetapi bukan berarti tidak bisa” kata Rahmadi dalam siaran pers, Senin (25/5/2020).

Ia menambahkan, Vietnam memang menggiurkan dan menarik para investor asing. Di Vietnam kawasan industri menyatu dengan pelabuhan dan berjejer dari utara ke Selatan. Investor tinggal masuk sebulan sudah bisa operasi. Sehingga tidak heran investor Korea, Jepang, Singapura, Malaysia, Jerman dan Inggris berjubel disana. Bahkan investasi terbesar Korea ada di Vietnam.

Menanggapi hal tersebut, dia optimis bahwa kawasan industri baru di Brebes mampu bersaing dengan Vietnam.

“Kawasan Industri Brebes, sedang berproses dan progres berlangsung dengan cepat serta lancar, karena didukung oleh Kemenko Maritim dan Investasi, Kemenko Perekonomian, Kemen BUMN, Kemen Perindustrian, Kemen PUPR, Kemen Agraria, Kemen Keuangan, Bappenas, BKPM, Pemprov Jateng dan Pemkab Brebes”, ujar peraih penghargaan Kawasan Industri Terbaik di tahun 2016 dan 2017 ini.

Seperti apa konsep makro untuk Kawasan Industri Brebes ? Rahasia menjelaskan, konsep Kawasan Industri Brebes didesain sebagai Kawasan Industri modern, Eco-friendly, dan memiliki daya saing yang unggul dibidang kawasan industri. Komitmen Kawasan Industri Brebes untuk menjadi kawasan industri paling prospektif yang terpadu, mandiri, serta ramah lingkungan.

"Dengan pelayanan dan fasilitas terlengkap, harga terbaik, infrastruktur yang memadai, serta tim yang profesional, mereka mengarahkan program yang ada guna sesuai dengan sistem Eco Friendly (Ramah Lingkungan) yang selama ini diusung," terang mantan Direktur Utama PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) ini.

Selain itu, lanjut dia, juga memberdayakan masyarakat sekitar terutama pada ring satu untuk bersinergi mengentaskan kemiskinan dengan dibukanya peluang untuk tenaga kerja.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)