Kisah Lilis Mukhlisoh, Ditabrak Orang Hingga Tiga Kali Gagal Berangkat Ibadah Haji

Jum'at, 04 Juni 2021 - 12:15 WIB
loading...
Kisah Lilis Mukhlisoh, Ditabrak Orang Hingga Tiga Kali Gagal Berangkat Ibadah Haji
Lilis Mukhlisoh bersama suaminya, Yusuf Hasan. Lilis sudah tiga kali gagal berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Foto/MPI/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Niat Lilis Mukhlisoh untuk pergi ke Tanah Suci di Arab Saudi menunaikan Rukun Islam kelima kembali ditunda untuk ketiga kalinya. Kebijakan pemerintah yang membatalkan keberangkatan calon jamaah haji, memaksa ibu rumah tanga yang tinggal Desa Bantarwaru, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat menahan rindu bisa berziarah ke Makam Rasulullah SAW.

Baca juga: Indonesia Batal Kirim Jamaah Haji 2021, Ini Pertimbangannya

Kegagalan Lilis untuk beribadah di Tanah Suci tahun ini menambah daftar penantiannya sejak 2012 lalu. Daftar pada 2012, Lilis dijadwalkan berangkat pada 2019 lalu, bersama sang suami, Yusuf Hasan. Namun nasib berkata lain.

Baca juga: Tak Bisa Dipungkiri, Haji 2021 Ditunda Berdampak Psikologis ke Calon Jamaah

2019, tepatnya Pebruari, Lilis mengalami kecelakaan ditabrak orang tidak dikenal. Akibatnya, dia harus bergelut dengan medis dan terapi setelah kakinya mengalami luka yang cukup serius.

“Bulan Maret operasi. Satu pekan sebelum jamaah calon haji berangkat, operasi lagi. Akhirnya ditunda. Yang berangkat hanya suami saja. Padahal jadwalnya kami berangkat berdua,” kata Lilis di kediamannya, saat berbincang dengan MNC Portal Indonesia (MPI), Jumat (4/6/2021).



Berkat keuletannya berobat, luka di bagian kaki Lilis berangsur membaik. Meskipun tidak bisa kembali seperti sebelum kecelakaan, tetapi kondisi kakinya kini jauh membaik. Harapan Lilis untuk bisa segera menunaikan ibadah haji pun, semakin besar. Bagi dia, tidak jadi masalah meskipun nantinya berangkat tanpa suami tercinta.

“Bismillah, 2020 bisa berangkat. Kondisi semakin membaik. Semua syarat sudah terpenuhi, karena pada dasarnya saya jadwal berangkat itu 2019 kan. Ternyata tidak ada (pemberangkatan), karena pandemi COVID-19,” tutur Lilis lirih.

Meskipun kembali gagal untuk yang kedua kalinya, tetapi Lilis mencoba untuk tetap bersabar. Dukungan dari sang suami, membuat kekecewaan Lilis bisa terobati. Masih ada tahun 2021, yang diharapkan jadi waktu bisa mewujudkan impiannya, menyusul suaminya yang lebih dulu berangkat ibadah haji.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)