Danau Rayo, Legenda Pemuda Buruk Rupa Sakti Mandraguna

Senin, 25 Mei 2020 - 05:00 WIB
loading...
Danau Rayo, Legenda Pemuda Buruk Rupa Sakti Mandraguna
Danau Rayo, Legenda Pemuda Buruk Rupa Sakti Mandraguna. Foto/SINDOnews/Berli Zul
A A A
MURATARA - Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) merupakan daerah otonomi paling barat Sumsel. Pecahan dari Kabupaten Musi Rawas ini memiliki objek wisata indah dan alami yang saat ini tengah dikembangkan untuk menjadi objek wisata andalan.

Namanya Danau Rayo, terletak di Desa Sungai Jernih, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara. Danau ini memiliki panorama yang sangat mempesona, digenangi air sangat jernih sehingga dapat terlihat dasar dan ikan – ikan.

Dikelilingi oleh rimbunnya pohon-pohon dan kicauan burung dan harumnya daun yang berada di pinggir danau.

Danau Raya berjarak hanya sekitar 15 menit perjalanan dari Kecamatan Rupit, ibukota Muratara. Atau sekitar 80 kilometer dari Kota Lubuklinggau.

Selain itu juga Danau Rayo mempunyai legenda bahkan mistis yang di tengah warga Muratara, hingga Musi Rawas dan Lubuklinggau.

Apalagi bagi penduduk asli setempat. Kisah tersebut telah menjadi legenda, dan kisah Bujang Kurap telah beberapa kali diangkat dalam film di televisi.

Memang tidak sedikit versi dari kisah Bujang Kurap atau pemuda buruk rupa ini. Sama seperti legenda lainnya, kisah Bujang Kurap memiliki nasehat yakni untuk tidak menilai seseorang hanya dengan fisik atau penampilan. Kisah ini mengajarkan untuk saling menghargai.

Dikisahkan, pada zaman dahulu hiduplah seorang pemuda yang tampan, namun juga sakti mandraguna. Ada yang menyebutkan pemuda ini masih keturunan dari Si Pahit Lidah, tokoh sakti yang terkenal dengan kutukannya.

Namun ada juga yang mengisahkan pemuda ini keturunan raja di Minangkabau yang sedang mengembara. Pemuda tampan mengembara dari desa ke desa.

Di setiap desa yang disinggahinya, pemuda ini membantu warga sekitar baik pertanian hingga melatih bela diri kuntau (sejenis silat).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)