Pendemi Covid-19, Umat Islam Dunia Diminta Salat di Rumah selama Ramadhan

Senin, 20 April 2020 - 11:09 WIB
loading...
Pendemi Covid-19, Umat Islam Dunia Diminta Salat di Rumah selama Ramadhan
Pertemuan Dewan Ulama Senior Arab Saudi. Foto/Saudi Gazette
A A A
RIYADH - Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, Dewan Ulama Senior Arab Saudi mengeluarkan seruan ibadah yang aman bagi umat Islam di seluruh dunia di tengah pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah salat di rumah dan menghindari pertemuan massal termasuk buka puasa bersama.

Seruan ini ditujukan untuk umat Islam yang tinggal di negara-negara yang memberlakukan karantina atau pun jam malam untuk mengekang penyebaran Covid-19.

"Muslim harus memberi contoh dengan melakukan tugas keagamaan mereka sambil mematuhi langkah-langkah pencegahan dan pencegahan yang dikeluarkan oleh otoritas terkait di negara tempat mereka tinggal," bunyi pernyataan Dewan Ulama Senior Arab Saudi sebagaimana dilaporkan Saudi Press Agency (SPA) pada Minggu (19/4/2020). (BACA JUGA: Beda Cara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Menghentikan Pandemi Corona)

Dewan itu menasehati umat Islam untuk menjalankan praktik keagamaan mereka, termasuk salat, tapi dengan tidak membahayakan orang lain. Caranya, dengan salat di rumah, menghindari buka dan sahur bersama.

Data worldometers pada Senin (20/4/2020) menunjukkan Arab Saudi memiliki 9.362 kasus infeksi positif Covid-19, dengan 97 kematian dan 1.398 pasien berhasil disembuhkan.

Negara yang dipimpin Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud tersebut telah melarang semantara salat berjamaah lima waktu di masjid. Salat tarawih di masjid juga rencananya akan ditiadakan pada Ramadhan nanti.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)