Atasi Luapan Sungai di TTU, Mensos Janji Bantu Alat Berat

Rabu, 26 Mei 2021 - 11:06 WIB
loading...
Atasi Luapan Sungai di TTU, Mensos Janji Bantu Alat Berat
Pemerintah, melalui Kementrian Sosial terus memastikan langkah penanganan dampak bencana siklon seroja di Kabupaten Timor Tengah Utara NTT berjalan baik. Foto SINDOnews
A A A
KEFAMENANU - Pemerintah, melalui Kementrian Sosial (Kemensos) terus memastikan langkah penanganan dampak bencana siklon seroja di Kabupaten Timor Tengah Utara NTT berjalan baik. Untuk itu Mentri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melakukan kunjungan langsung di sejumlah lokasi terdampak badai siklon seroja termasuk di daerah Perbatasan NTT-Timor Leste, Selasa, 25/05/2021.

Kunjungan langsung ini dilakukan mantan walikota Surabaya ini untuk memastikan kondisi yang terjadi di lapangan pascabadai seroja awal April lalu. Kunjungan Mensos diawali dari PLBN Wini. Di lokasi PLBN ini sebelumnya luapan banjir hampir 1 meter menggenangi seluruh area PLBN tersebut.

Selain itu Mensos juga mengunjungi lokasi lain, tak jauh dari PLBN pada lokasi pertemuan dua arus sungai yang juga sempat meluap saat itu hingga warga panik dan lari meninggalkan rumah tinggal mereka.

Sesuai hasil tinjauan Mensos, permasalahannya adalah sungai tersebut sudah rata dengan tanah sehingga tidak bisa menampung air lagi saat musim hujan, akibatnya air meluber ke pemukiman warga.

“Nah yang bisa kita lakukan adalah pengerukan. Kita ambil sedimen kemudian kita buat tanggul supaya kalau ada luapan sungai maka tanggul tersebut sebagai penahan. Nanti kita akan bantu ke Pak Bupati alat berat,” jelas Risma, saat diwawancarai awak media di lokasi bencana.

Mensos juga memastikan akan memberikan bantuan. Tidak hanya membantu sebatas dampak bencana, tapi juga bagaimana membangkitkan perekonomian. termasuk salah satu kebutuhan mendesak adalah ketersediaan air bersih.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3728 seconds (0.1#10.140)