Banjir Bandang Terjang Sigempolong, Jalan Penghubung 3 Kabupaten Putus

Senin, 20 April 2020 - 08:12 WIB
loading...
Banjir Bandang Terjang Sigempolong, Jalan Penghubung 3 Kabupaten Putus
Banjir bandang menerjang Desa Sigempolong, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. FOTO/CAPTURE/IST
A A A
BATANG - Hujan deras yang mengguyur kawasan perbukitan Dieng, Gunung Prau menyebabkan banjir lumpur dan bebatuan di dua desa, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Sabtu (19/4/2020). Meski tidak ada korban jiwa, tapi peristiwa ini membuat jalan pengubung tiga kabupaten terputus.

Banjir lumpur dan batu terekam dalam video amatir yang tersebar di media sosial. Volume air sebuah sungai tiba-tiba meningkat siginfikan hingga meluap dan menyebabkan banjir bandang. Material lumput kapur dan bebatuan dari kawasan perbukitan Dieng menutup jalan di dekat SMP Negeri 4 Kecamatan Bawang.

Menurut Camat Bawang, Yarsono, banjir bandang di Desa Sigempolong dan Pranten disebabkan hujan deras yang berlangsung cukup lama. Kondisi tanah yang labil akibat pola tanam menyebabkan perbukitan yang berada di sekitar kawasan Dieng tersebut mudah terjadi longsor.

"Bencana tersebut membuat akses jalan yang menghubungkan tiga kabupaten yakni Kabupaten Batang menuju Batur, Wonosobo dan Banjarnegara untuk sementara terputus akibat timbunan material tersebut," kata Yarsono.

Menurutnya, perbukitan di kawasan Dieng saat ini tidak lagi ditanami pohon yang bisa menyerap air, tapi menjadi lahan pertanian kentang oleh warga. Akibatnya rawan longsor.

Petugas gabungan langsung diterjunkan ke lokasi kejadian guna membersihkan tumpukan material yang menutupi akses penghubung antar kabupaten tersebut.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)