Kerusakan Gempa Blitar Meluas, Ini Penampakan Kondisi Tujuh Kecamatan

Jum'at, 21 Mei 2021 - 23:04 WIB
loading...
Kerusakan Gempa Blitar Meluas, Ini Penampakan Kondisi Tujuh Kecamatan
Kerusakan akibat gempa magnitudo (M)6.2 yang mengguncang wilayah Kabupaten Blitar makin meluas. Foto/SINDOnews/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Dampak kerusakan gempa magnitudo 6,2 yang terjadi di wilayah Kabupaten Blitar, Jatim meluas. Dari data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Jumat malam (21/5/2021), gempa telah menimbulkan kerusakan bangunan di 7 Kecamatan dan 10 desa.

Baca juga: Gempa Bumi M6,2 Bikin Panik Warga Blitar, Guncangannya 2 Kali dan Terasa Kencang

Sebanyak 7 kecamatan tersebut adalah Kecamatan Selorejo (Desa Boro), Kecamatan Panggungrejo (Desa Balerejo dan Desa Sumberagung), Kecamatan Wates (Desa Wates dan Desa Mojororejo), Kecamatan Selopuro (Desa Ploso), Kecamatan Gandusari (Desa Kotes), Kecamatan Talun (Desa Jabung), dan Kecamatan Garum (Desa Slorok) .

Baca juga: Gempa Bermagnitudo 6,2 Mengguncang Malang, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Kerusakan akibat gempa meliputi rumah warga, satu bangunan puskesmas dan satu gedung sekolah yang sama sama berada di wilayah Kecamatan Wates. Kecuali di Desa Jabung Kecamatan Talun yang masuk kategori kerusakan sedang, BPBD mencatat seluruh kerusakan kategori ringan. Yakni diantaranya teras roboh, plafon jebol, genting rontok dan dinding bangunan ambrol.

Kerusakan Gempa Blitar Meluas, Ini Penampakan Kondisi Tujuh Kecamatan


"Ini merupakan data sementara kerusakan bangunan akibat gempa 21 Mei," ujar Kepala BPBD Kabupaten Blitar Achmad Cholik dalam keterangan rilisnya Jumat malam (21/5/2021). Gempa yang berpusat di sebelah Tenggara Kabupaten Blitar tidak berpotensi terjadinya tsunami. Gempa yang dirasakan hingga wilayah Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Kediri tersebut berada di kedalaman 110 Km.

Menurut Juru Bicara Kominfo Kabupaten Blitar Murlina, Bupati Blitar Rini Syarifah Jumat malam (21/5/2021) langsung meluncur ke lokasi terdampak gempa di wilayah Kecamatan Wates dan Kecamatan Selorejo. Hingga saat ini pendataan masih terus dilakukan. "Bupati Blitar langsung meluncur ke puskesmas Wates dan wilayah Kecamatan Selorejo. Saat ini pendataan dampak gempa masih terus dilakukan," ujar Murlina.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)