Batu Gantung dan Parapat, Objek Wisata Legenda di Danau Toba

Sabtu, 22 Mei 2021 - 05:00 WIB
loading...
Batu Gantung dan Parapat, Objek Wisata Legenda di Danau Toba
Batu Gantung dan Parapat, Objek Wisata Legenda di Danau Toba. Foto/Ist
A A A
PARAPAT - Parapat merupakan suatu kota di wilayah kabupaten Simalungun yang letaknya berada di pinggiran Danau Toba di Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun , Sumatera Utara.

Kota berhawa sejuk dan menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia, ternyata memiliki cerita atau legenda sehingga dinamakan Kota Parapat.

Konon Parapat berasal dari cerita rakyat dimana ada seorang putri pasangan suami istri bernama Seruni yang bunuh diri karena menolak dijodohkan dengan pria yang tidak dicintainya.

Seruni sebenarnya sudah memiliki kekasih dan sangat sedih dijodohkan orang tuanya dengan pria lain, sehingga mencoba bunuh diri dengan melompat ke Danau Toba dari atas gunung.

Saat menuju puncak gunung batu, Seruni membawa serta anjing peliharaannya, namun tiba-tiba terperosok ke dalam lubang besar hingga masuk ke dasarnya.

Seruni yang putus asa akhirnya berdoa dalam hatinya hidupnya berakhir di dalam lubang besar tersebut.

Dia berdoa sambil terus mengucapkan supaya dinding batu merapat dan menghimpit tubuhnya supaya dirinya mati di dalam lubang tersebut.

"Parapat, parapat batu," ujar Seruni dalam kesedihannya dan berharap dinding batu menghimpitnya hingga mati.

Anjing peliharaan Seruni yang diberi nama Toki melihat tuannya dalam bahaya berlari ke kampung dan memberikan isyarat kepada orang tuanya dengan menggonggong.

Melihat isyarat itu orang tua Seruni mengikuti petunjuk Toki menuju lubang tempat putrinya berada.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)