WHO Sebut Warga Asia Tenggara Paling Beresiko Jam kerja Panjang

Selasa, 18 Mei 2021 - 07:08 WIB
loading...
WHO Sebut Warga Asia Tenggara Paling Beresiko Jam kerja Panjang
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, bahwa jam kerja yang panjang membunuh ratusan ribu orang setiap tahun. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, bahwa jam kerja yang panjang membunuh ratusan ribu orang setiap tahun. Studi global pertama menunjukkan 745.000 orang meninggal pada 2016 akibat stroke dan penyakit jantung karena jam kerja yang panjang.

Laporan tersebut menemukan bahwa orang yang tinggal di Asia Tenggara dan kawasan Pasifik Barat adalah yang paling terpengaruh. WHO juga mengatakan tren tersebut dapat memburuk karena pandemi virus corona.



Penelitian menemukan bahwa bekerja 55 jam atau lebih dalam seminggu dikaitkan dengan risiko stroke 35% lebih tinggi dan risiko kematian akibat penyakit jantung 17% lebih tinggi, dibandingkan dengan bekerja seminggu selama 35 hingga 40 jam.

Studi yang dilakukan bersama dengan Organisasi Buruh Internasional (ILO), juga menunjukkan hampir tiga perempat dari mereka yang meninggal akibat jam kerja yang panjang adalah pria paruh baya atau lebih tua.

Seringkali, kematian terjadi jauh di kemudian hari, terkadang beberapa dekade kemudian, dari jam kerja yang panjang.

Lima minggu lalu, sebuah posting di LinkedIn dari Jonathan Frostick yang berusia 45 tahun mendapatkan perhatian luas saat dia menggambarkan bagaimana dia harus bekerja dalam waktu yang panjang.

Manajer program regulasi yang bekerja untuk HSBC baru saja duduk pada hari Minggu sore untuk mempersiapkan minggu kerja yang akan datang ketika dia merasakan sesak di dadanya, tenggorokan, rahang dan lengan berdenyut-denyut, dan kesulitan bernapas.

"Saya pergi ke kamar tidur agar saya bisa berbaring, dan mendapat perhatian dari istri saya yang menelepon panggilan darurat," katanya seperti dikutip BBC News.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3451 seconds (0.1#10.140)