Waspadai Klaster Libur Lebaran, DPR Ingatkan Sejumlah Pesohor Wafat karena COVID-19

Selasa, 18 Mei 2021 - 04:53 WIB
loading...
Waspadai Klaster Libur Lebaran, DPR Ingatkan Sejumlah Pesohor Wafat karena COVID-19
Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19. Foto/dpr.go.id
A A A
JAKARTA - Kendati ancaman COVID-19 masih menghantui Indonesia ternyata tidak membuat sebagian masyarakat menghindari kerumunan. Fakta di lapangan, selama momen libur Hari Raya Idul Fitri masih banyak sebagian masyarakat yang nekat melakukan mudik , pergi berwisata dan melakukan kegiatan yang mengundang keramaian.

Menyikapi fenomena tersebut, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19. Hal ini agar tidak terjadi lonjakan angka terhadap pengidap COVID-19 di Tanah Air.

"Bila kita amati di berita, sebagian masyarakat kita tetap nekat mudik meski sudah dilarang dan dilakukan penyekatan. Bahkan masih banyak juga yang memaksa untuk liburan dan pergi ke tempat keramaian. Ini harus diwaspadai," ujar Dasco kepada wartawan, Senin (17/5/2021).

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini mengingatkan dalam menghadapi COVID-19 dibutuhkan kerja sama semua unsur. Baik pemerintah yang mengeluarkan kebijakan, maupun masyarakat yang harus memiliki kesadaran.

Untuk itu, dia mengajak semua pihak untuk menahan ego masing-masing, khususnya masyarakat untuk menahan diri memanfaatkan momen libur Lebaran untuk ikut melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

"Mudik dan liburan di momen hari raya memang sulit bila tidak dimanfaatkan. Tapi kita harus sadar dengan kondisi saat ini, jangan sampai ego kita membawa dampak tidak baik buat orang-orang terdekat kita. Pemerintah sudah sangat maksimal bekerja, masyarakat harus punya kesadaran bersama," tegas Ketua Satgas Lawan COVID-19 DPR ini.

Dasco pun mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa beberapa hari ke belakang sejumlah publik figur di Tanah Air juga harus tutup usia setelah divonis terjangkit COVID-19. Di antaranya, Tokoh Agama, Ustaz Tengku Zulkarnaen dan Pegiat Sosial Media, Birgaldo Sinaga, serta beberapa pesohor lainnya.

Untuk itu, ia tidak ingin korban wafat karena wabah COVID-19 bertambah setelah momen Idul Fitri ini. "COVID-19 ini tidak pandang bulu. Siapa saja bisa kena. Saya sangat concern karena saya pernah merasakan bagaimana rasanya terjangkit COVID-19. Jangan sampai apa yang saya alami juga dialami masyarakat. Jadi tolong tetap jaga kesehatan dan patuhi terus prokes," pungkas Dasco.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2653 seconds (0.1#10.140)