Sejarah Panjang Mobil di Dunia, Dimulai di Eropa Berkembang di Asia

Jum'at, 14 Mei 2021 - 12:04 WIB
loading...
Sejarah Panjang Mobil di Dunia, Dimulai di Eropa Berkembang di Asia
Banyak cerita yang mengisahkan awal mula hadirnya kendaraan roda empat alias mobil. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Banyak cerita yang mengisahkan awal mula hadirnya kendaraan roda empat alias mobil. Sejarah mobil di dunia memang beragam asalnya. Perkembangan otomotif di awali dari benua Eropa hingga akhirnya bisa berkembang pesat di Asia, khususnya Jepang.

Dirangkum dari laman resmi Auto2000, Jumat (14/5/2021), dalam perjalanan perkembangan mobil hingga akhirnya bisa menjadi kendaran sehari-hari, banyak sekali teknologi yang telah menyentuh transportasi ini.



Semuanya dimulai pada tahun 1769 berkat seorang ilmuwan dari Prancis yang bernama Nicolas J. Cugnot.

Dia menciptakan kendaraan dengan roda tiga berbadan cukup besar. Namun karena teknologi mesin saat itu belum berkembang seperti sekarang, maka yang digunakan berasa dari tenaga uap.

Bisa dibilang kendaraan yang diciptakan Cugnot menjadi cikal bakal mobil. Pada waktu itu kendaraan ini hanya dipakai untuk mengangkut meriam untuk perang.

Melihat bagaimana kendaraan bisa berguna, muncul ilmuwan lainnya dari berbagai belahan dunia yang berusaha mengembangkannya.



Ada William Murdock dan James Watt di Inggris, Richard Trevithick serta Sir G. Gurney yang menciptakan mobil berkecepatan 20 km/jam, hingga Joseph E. Lenoir dengan gebrakan awal mula mesin bertenaga bahan bakar.

Lenoir berhasil menciptakan mesin dengan bahan bakar campuran batu bara, gas, dan udara atmosfer pada tahun 1860. Di lain tempat, tepatnya Jerman, Carl Benz mencoba mengembangkan mobil dengan bahan bakar bensin.

Pada waktu yang hampir bersamaan, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach juga membuat mobil dengan bahan bakar bensin.



Namun pada akhirnya, Benz berhasil menciptakan versi sempurna dari mobil ciptaannya dan dipatenkan pada tahun 1879. Inilah yang akhirnya menjadi tonggak utama dari perkembangan mobil saat ini.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3297 seconds (0.1#10.140)