Konsumsi Makanan Ini untuk Turunkan Kadar Gula Darah yang Tinggi

Minggu, 09 Mei 2021 - 08:33 WIB
loading...
Konsumsi Makanan Ini untuk Turunkan Kadar Gula Darah yang Tinggi
Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang manis saat bulan ramadan bisa memicu naiknya kadar gula darah. Foto: Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang manis saat bulan ramadan bisa memicu naiknya kadar gula darah . Jika tidak terkontrol dengan baik, hal itu bisa menyebabkan kondisi kesehatan yang lebih parah.

Orang yang ingin mengontrol kadar gula darah , harus memilih makanan dengan skor GI (indeks glikemik) rendah atau sedang. Anda juga dapat memasangkan makanan dengan skor GI rendah dan tinggi untuk memastikan bahwa makanan tersebut seimbang.

Mengutip dari laman Medical News Today, berikut ini deretan makanan terbaik untuk orang yang ingin menjaga kadar gula darah tetap sehat.

1. Ubi-ubian

Kentang memiliki skor GI yang cukup tinggi, tetapi berbeda dengan ubi jalar yang memiliki skor GI rendah dan sangat bergizi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daging pada ubi jalar mengandung lebih banyak serat daripada kulitnya. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu jenis sayuran tersebut dapat bermanfaat bagi penderita diabetes .



2. Oatmeal atau oat bran

Oat memiliki skor GI 55 atau lebih rendah, sehingga cenderung tidak menyebabkan lonjakan dan penurunan pada kadar gula darah.

Sebuah penelitian pada 2015 yang dilakukan terhadap 16 studi menyimpulkan bahwa oat memiliki efek menguntungkan pada kontrol glukosa dan profil lipid pada penderita diabetes tipe 2. Meski begitu, dokter tetap menganjurkan agar penderita diabetes membatasi konsumsi oatmeal karena 1 cangkir mengandung sekitar 28 gram karbohidrat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2271 seconds (0.1#10.140)