Meski PTM, Siswa Perlu Dilatih Pembelajaran Era Digital

Kamis, 06 Mei 2021 - 20:39 WIB
loading...
Meski PTM, Siswa Perlu Dilatih Pembelajaran Era Digital
Direktur Eksekutif Center for Education Regulations and Development Analysis (CERDAS) Indra Charismiadji. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Siswa dinilai perlu diajari belajar di era digital . Sebab meskipun nanti akan ada pembelajaran tatap muka namun sistem pembelajaran modern pun harus bisa diberlakukan.

Direktur Eksekutif Center for Education Regulations and Development Analysis ( CERDAS ) Indra Charismiadji berpendapat, sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang baik adalah yang sifatnya on demand. Yakni siswa bisa sudah bisa belajar dimana dan kapan saja.



Pemerintah pun merencanakan akan menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) meski terbatas pada tahun ajaran baru nanti. Menanggapi hal ini, Indra mengatakan, kalaupun sudah PTM namun pembelajaran di kelasnya perlu ada perubahan.

“Kelas seharusnya tidak lagi menerangkan satu arah. Kelas itu harusnya dipakai sebagai tempat diskusi, tempat kolaborasi, presentasi dan berdebat," katanya pada diskusi pendidikan di Jakarta, Kamis (6/5).

Indra menerangkan, sistem PJJ yang baik pun semestinya ada Learning Management System (LMS) yang baik. Sebab, katanya, meski siswa itu ada yang tidak datang ke sekolah namun bukan berarti dia tidak belajar sama sekali dirumah.



“Kita gunakan LMS itu. Bahkan kita bisa tahu dia itu baca halaman berapa, berapa lama itu kita tahu. Itu yang namanya teknologi,” katanya.

Menurutnya, sistem kerja di perkantoran pun sudah menerapkan perubahan. Dimana pekerja tidak perlu datang ke kantor untuk absensi sebab mereka pun bisa bekerja dimana dan kapan saja. Maka dari itu, katanya, anak-anak sekolahpun meski saat ini sudah masuk era digital namun jangan sampai tidak diajari sistem pembelajaran digital.

Indra menjelaskan, tidak hanya sistemnya namun juga pedagogi modern juga perlu dilatih kepada gurunya. Sebab di era pembelajaran di kelas sudah tidak seharusnya guru menerangkan satu arah. “Jadi, cara membangun manusianya memang harus diubah mindsetnya terutama guru,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2125 seconds (0.1#10.140)