Right Issue AMRT: Pemegang Saham Harus Eksekusi atau Terdilusi

Selasa, 04 Mei 2021 - 18:30 WIB
loading...
Right Issue AMRT: Pemegang Saham Harus Eksekusi atau Terdilusi
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) berencana untuk melakukan penambahan modal melalui penerbitan saham dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue . Emiten pemilik gerai Alfamart ini direncanakan menerbitkan sebanyak-banyaknya 5 miliar saham.

Dikutip dari keterbukaan informasi BEI, nominal rights issue yang akan dilakukan Alfamart sebesar Rp10 per saham. Aksi korporasi ini dilakukan untuk mengembangkan kegiatan usaha, salah satunya melakukan kegiatan investasi pada perusahaan teknologi.

Baca juga:OJK Restui Agus Syabarrudin Menjadi Direktur Utama Bank Banten

"Perseroan berencana untuk menggunakan dana yang diperoleh dari penambahan modal dengan HMETD untuk melakukan investasi pada perusahaan lain atau penyertaan saham pada perusahaan yang bergerak di bidang berbasis teknologi yang dapat bersinergi secara strategis dengan perseroan untuk mendukung kegiatan perseroan dan/atau belanja modal terkait dengan pengembangan kegiatan usaha perseroan," bunyi keterangan perseroan, Selasa (4/5/2021).

Rencana penambahan modal perseroan akan berpengaruh secara positif terhadap kondisi keuangan perseroan, yaitu memperkuat struktur ekuitas sehingga dapat meningkatkan kemampuan perseroan untuk mengembangkan kegiatan usahanya di masa yang akan datang. Hal ini dapat terlihat dari, apabila penambahan modal dengan HMETD dilaksanakan, maka pos-pos pada laporan keuangan berupa kas dan ekuitas akan bertambah.

Baca:HMJ Desain Interior Esa Unggul Berikan Edukasi di 'Taman Belajar Kita'

Terkait dengan rencana penggunaan dana dari penambahan modal dengan HMETD maka pos aset berupa akun investasi akan bertambah dan akun kas akan berkurang pada laporan keuangan perseroan. Pemegang saham perseroan yang tidak menggunakan haknya untuk memesan saham baru dalam rights issue akan terdilusi sebesar maksimum 10,75%.

Untuk memuluskan aksi korporasi tersebut, manajemen Alfamart akan meminta persetujuan pemegang saham dengan menggelar rapat umum memegang saham luar biasa (RUPSLB) pada Kamis (6/5/2021).
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)