Wapres Ma'ruf Amin Dorong Penguatan Ketahanan Pangan

Senin, 03 Mei 2021 - 16:29 WIB
loading...
Wapres Maruf Amin Dorong Penguatan Ketahanan Pangan
Wapres KH Maruf Amin saat berbicara dalam seminar bertema Membangun Kemandirian Pangan Keluarga untuk Mempekuat Ketahanan Pangan Nasional. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Perempuan, terutama ibu rumah tangga diharapkan bisa menjadi agen perubahan membangun kemandirian pangan keluarga untuk memperkuat ketahanan pangan nasional .

Hal tersebut adalah salah satu pokok bahasan dalam seminar penguatan pangan Nasional yang mengangkat tema Membangun Kemandirian Pangan Keluarga untuk Mempekuat Ketahanan Pangan Nasional.”

Seminar digagas Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga, Majelis Ulama Indonesia (PRK MUI) bersama Kementerian Pertanian dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dibuka langsung Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang juga sebagai keynote speaker.

"Di saat bangsa Indonesia hadapi Covid 19 dibutuhkan ketahanan pangan yang dimulai dari keluarga. Ketahanan pangan keluarga ini nantinya akan menjadi muara untuk kesejahteraan bangsa," tutur Ma'ruf Amin dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Komisi PRK MUI Siti Ma'rifah menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk optimisme di tengah situasi pandemi Covid-19. Perempuan mempunya peran penting untuk membantu ketahanan pangan yang dimulai dari keluarga.

"Isu ketahanan pangan sangat erat kaitannya dengan kemiskinan, karena dalam konteks pengentasan kemiskinan, ketahanan pangan merupakan faktor kunci pengurangan penduduk miskin," kata Siti Marifah.

Seminar diikuti kurang lebih 1.000 peserta online dan sebagian berjumlah 50 orang hadir langsung dengan mengikuti protokol kesehatan ketat di Hotel Grand Melia, Jakarta, Senin 3 Mei 2021. Peserta bisa mengikuti melalui official akun Youtube TV MUI.

Seminar ini juga menghadirkan Direktur Utama PT RNI Arief Prasetyo Ad i. Sementara itu, Ketua Umum MUI Pusat, KH Miftachul Akhyar mewakili jajaran pimpinan MUI, dan Dr Jaenal Effendy perwakilan dari DSN MUI.

Dari sisi pemerintah, Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi juga turut memberikan pengetahuan pentingnya ketahanan pangan dengan materi "Kebijakan Ketahanan Pangan Nasional Menuju Kemandirian Pangan".

Pembicara lainnya adalah Direktur PT RNI, Arief Prasetyo memberikan tema cukup menarik mengenai pemerataan dan keterjangkauan pangan dalam masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)