Ridwan Kamil Dorong BKKBN Jabar Wujudkan Keharmonisan Keluarga

Jum'at, 30 April 2021 - 17:31 WIB
loading...
Ridwan Kamil Dorong BKKBN Jabar Wujudkan Keharmonisan Keluarga
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengukuhkan Wahidin sebagai Kepala BKKBN Provinsi Jabar di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (30/4/2021). Foto/Humas Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengukuhkan Wahidin sebagai Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jabar di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (30/4/2021).

Baca juga: Ridwan Kamil Tunaikan Zakat Mal Lewat Baznas Jabar

Ridwan Kamil mengatakan, secara kewilayahan, BKKBN Jabar berada dalam koordinasi Pemda Provinsi Jabar. Oleh karenanya, dia mendorong BKKBN Jabar berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jabar untuk menyelesaikan permasalahan kependudukan dan keluarga berencana di Jabar.

Baca juga: Puji Gerakan Sejuta Tes Antigen, Ridwan Kamil Kembali Ingatkan Tsunami COVID-19 India

"Mohon untuk gaspol saja karena ini cuma seremoni, langsung ngabret saja apa yang tadi saya titipkan," katanya.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, saat ini, angka kelahiran di Jabar masih tinggi, yaitu 2,5 persen. Sementara jumlah penduduk Jabar juga tertinggi di Indonesia. Situasi tersebut dinilainya berpotensi menimbulkan over populasi.

"Penduduk Jabar persentase kelahirannya masih tinggi, sekitar 2,5 persen dan dalam teori perencanaan pembangunan sumber masalah itu adalah over populasi. Pada saat mereka dewasa akan berebut sumber daya karena hakekatnya pembangunan itu tidak bisa dihentikan, yang bisa itu dikendalikan," jelas Kang Emil.

Oleh karenanya, Kang Emil menekankan, proporsi jumlah penduduk dengan keterbatasan sumber daya harus menjadi perhatian BKKBN Jabar.

"Jumlah manusia dengan keterbatasan sumber daya yang ada di Jabar harus memadai, maka tugas BKKBN menjadi sangat penting," katanya.

Kang Emil optimistis di bawah kepemimpinan Wahidin BKKBN Jabar bisa menguatkan konsep pengendalian kependudukan, termasuk meningkatkan kualitas keluarga untuk menekan angka kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Jabar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2739 seconds (0.1#10.140)