Gapki: Ekspor Sawit RI Belum Terpengaruh Tsunami Covid di India

Rabu, 28 April 2021 - 21:30 WIB
loading...
Gapki: Ekspor Sawit RI Belum Terpengaruh Tsunami Covid di India
Ilustrasi. FOTO/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriyono mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 di India belum berdampak pada ekspor sawit Indonesia. Pihaknya mencoba menghubungi rekan di India untuk menanyakan kondisi terkait kasus Covid-19 dan dampaknya terhadap ekspor sawit.

"Sebenarnya kita mesti wait and see dulu karena baru minggu lalu terjadi. Tentu seminggu terakhir belum ada dampak," ujarnya dalam buka puasa bersama Gapki secara virtual, Rabu (28/4/2021).



Menurut dia, dalam jangka pendek tentu akan ada gangguan aktivitas di India. Namun sejauh ini belum ada laporan terkait aktivitas ekspor impor. Joko menambahkan, India tetap akan menjadi perhatian utama karena negara utama tujuan ekspor Indonesia. Indonesia menguasai 70% hingga 80% pangsa pasar sawit di India.



"Sebelum ada lonjakan kasus di India, sebenarnya kita sudah mulai optimis. Artinya, dunia industri sudah mulai optimis dengan pemulihan di beberapa negara. China juga sudah pasti. India juga sudah bagus tetapi ceroboh," tandasnya
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2051 seconds (0.1#10.140)