Penjualan Honda di Jawa Timur Terkerek Pembebasan PPnBM

Rabu, 28 April 2021 - 23:50 WIB
loading...
Penjualan Honda di Jawa Timur Terkerek Pembebasan PPnBM
ilustrasi
A A A
SURABAYA - Pemerintah pada awal Maret 2021 mengeluarkan kebijakan penghapusan Pajak Penjualan atas Barang Mewah ( PPnBM ) untuk mobil baru. Honda Surabaya Center (HSC), dealer mobil Honda di Jawa Timur (Jatim), Bali dan Nusa Tenggara (Nusra) menyebut kebijakan tersebut cukup berdampak terhadap penjualan mobil di wilayahnya.

Marketing and After Sales Service Director HSC, Wendy Miharja mengatakan, pada Maret 2021, penjualan mobil Honda mengalami peningkatan dua kali lipat dibanding Februari atau sebelum diluncurkannya kebijakan relaksasi tersebut. “Mulai Maret ke April ini ada peningkatan 1 persen,” katanya saat virtual Ngabuburit Bareng HSC, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Penghapusan PPnBM, Dongkrak Penjualan Suzuki di Jawa Timur

Menurutnya, rendahnya peningkatan penjualan pada bulan April tersebut akibat stok unit model tertentu yang belum bisa dipenuhi untuk pengiriman Mei. Bahkan diperkirakan bisa mundur sampai Juni - Juli. "Namun, kami melihat potensi permintaan masih akan meningkat pada bulan depan karena masih ada kesempatan mendapat penghapusan PPnBM," katanya.

President Director HSC Ang Hoey Tiong menambahkan, untuk lebih menggairahkan pasar otomotif, pihaknya menyiapkan program spesial penjualan dan Purna Jual untuk konsumen selama Ramadhan berupa THR atau Terima Hadiah Ramadhan dari Honda. Program selama periode April – Mei ini bertujuan untuk meningkatkan pencapaian yang baik pada awal 2021. "Tentunya didukung dengan kebijakan dari pemerintah yang turut mendorong tren positif bagi otomotif,” imbuhnya.

Data HSC menunjukkan, pada periode Januari – Maret atau triwulan I 2021, HSC membukukan total penjualan sebesar 2.580 unit. Honda Brio tetap menjadi kontributor terbesar yaitu menyumbang 50,08% dari total penjualan atau sebesar 1.292 unit. Honda Brio Satya terjual sebanyak 705 unit. Sementara Honda Brio RS mencatat penjualan sebanyak 587 unit.

Baca juga: Ustaz Abdul Somad Resmi Menikahi Fattimah Azzahra

Honda HR-V 1.5L menjadi kontributor unggulan ketiga dan membukukan penjualan sebanyak 570 unit dengan kontribusi sebesar 22,09% pada total penjualan. HR-V 1.5L, Honda Mobilio mencatat penjualan sebesar 291 unit. Sementara itu, Honda CR-V membukukan penjualan sebanyak 165 unit dan Honda Jazz terjual sebanyak 130 unit.

Beberapa model lain juga berkontribusi terhadap penjualan, seperti Honda HR-V 1.8L mencatat penjualan sebesar 44 unit, Honda Civic Hatchback RS sebesar 34 unit dan Honda BR-V sebanyak 29 unit. Sementara itu, Honda Accord meraih penjualan sebanyak 9 unit, Honda Civic telah terjual sebanyak 8 unit, Honda City terjual sebanyak 7 unit dan Honda Odyssey terjual sebanyak 1

unit.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)