Dampak Gempa Sukabumi, 6 Rumah di Kabupaten Bogor Rusak

Rabu, 28 April 2021 - 14:02 WIB
loading...
Dampak Gempa Sukabumi, 6 Rumah di Kabupaten Bogor Rusak
Petugas dari BPBD Kabupaten Bogor rengah melihat rumah yang rusak akibat terdampak gempa di Sukabumi. Foto/BPBD Kab Bogor
A A A
BOGOR - Sebanyak 6 rumah di Kampung Babakan, Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, rusak terdampak gempa Sukabumi . Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko mengatakan, dari jumlah tersebut 1 rumah rusak sedang dan 5 rumah rusak ringan. Rata-rata, mengalami retak di bagian dinding.

"Total 6 KK dengan 35 jiwa yang terdampak," kata Aris saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (28/4/2021).

Wilayah tersebut memang kerap terdampak apabila terjadi gempa di wilayah Sukabumi. Ditambah, banyak rumah yang kondisi struktur bangunannya mudah rusak jika terjadi guncangan gempa bumi.

"Iya, memang sering terdampak," tambahnya.

Saat ini, BPBD sudah berkoodinasi dengan aparatur desa setempat dan pihak lainnya untuk melakukan penanganan. Diimbau, agar masyarakat terdampak mewaspadai jika terjadi gempa bumi susulan.

"Tim di lapangan sudah memberikan himbauan penghuni rumah yang terdampak lebih waspada. Sementara tembok rumah yang akan runtuh ditopang dengan bambu dan kayu seadanya," tuturnya.

Seperti diketahui, gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa 27 April 2021.

Berdasarkan informasi BMKG, gempa terjadi pada pukul 16.23 WIB, dengan titik gempa berada di 7.86 Lintang Selatan, 106.87 Bujur Timur, 103 Kilometer Tenggara Sukabumi, Jawa Barat, dengan kedalaman 14 Km. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)