Gempa Bumi 6 SR di Assam India Merusak Beberapa Bangunan

Rabu, 28 April 2021 - 12:36 WIB
loading...
Gempa Bumi 6 SR di Assam India Merusak Beberapa Bangunan
Warga membersihkan puing akibat gempa di rumahnya di India. Foto/REUTERS
A A A
ASSAM - Gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter (SR) mengguncang negara bagian Assam di timur laut India pada Rabu (28/4), merusak beberapa bangunan.

Otoritas negara bagian itu sedang memeriksa kerusakan akibat gempa itu.

Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan gempa berada di kedalaman 34 kilometer dengan pusat gempa di dekat kota Dhekiajuli, 140 kilometer utara kota utama Assam, Guwahati.



Sebelumnya Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) memperkirakan gempa berkekuatan 6,2 SR.



“Gempa besar melanda Assam. Saya berdoa untuk kesejahteraan semua dan mendorong semua orang untuk tetap waspada. Mengambil informasi terbaru dari semua distrik,” papar Perdana Menteri Assam Sarbananda Sonowal.



Warga mengatakan ada retakan di dinding di beberapa rumah dan di lantai. Orang-orang berdiri di luar rumah dan berada di jalan karena cemas akan gempa susulan.

“Belum pernah merasakan getaran sebesar itu dalam hidup saya,” ungkap Jyotishman Deka, mahasiswa teknik berusia 20 tahun.

“Guncangan kuat berulang kali dirasakan di beberapa bagian timur laut India dan negara tetangga Bhutan, memaksa ratusan orang meninggalkan rumah mereka,” papar seorang saksi mata Reuters.

“Badan Manajemen Bencana Nasional India sedang menilai laporan kerusakan dan korban setelah gempa,” ungkap seorang pejabat di badan tersebut yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)