Gempa 4,6 SR, Warga Gunungkidul Sempat Kaget

Selasa, 27 April 2021 - 12:03 WIB
loading...
Gempa 4,6 SR, Warga Gunungkidul Sempat Kaget
Ilustrasi/SINDOnews/dok
A A A
GUNUNGKIDUL - Gunungkidul diguncang gempa. Meski tidak ada laporan kerusakan, namun gempa dengan kekuatan 4,6 SR ini sempat mengagetkan warga.

"Saya saat gempa berada di ruang guru sekolah. Sempat kaget dan hampir beranjak dari ruangan kerena guncangan gempa tadi," ucap Idayanti, guru di Wonosari, Selasa(27/4/2021).

Namun demikian dia bersama para guru kembali dengan aktivitas masing- masing setelah gempa beberapa detik tersebut.

Selain di Gunungkidul gempa juga dirasakan warga di Yogyakarta. Bahkan informasi yang beredar gempa juga sempat membuat panik warga yang berada di beberapa pusat perbelanjaan di Yogyakarta.

Sementara Kepala Stasiun Geosifika Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Sleman Yogyakarta Ikhsan mengatakan gempa bumi terjadi pada pukul 10.22.59 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.740 LS dan 110.26843 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 91 km Barat Daya Gunung Kidul pada kedalaman 24 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia," ulasnya.

Baca juga: Di Tengah Kondisi Sulit, Oknum Pegawai Kelurahan di Kota Semarang Diduga Pungli Rp300 Ribu

Dijelaskannya, guncangan gempa bumi ini dirasakan warga di daerah Gunungkidul, Bantul, Sleman dan Wonogiri II MMI.

Baca juga: Cegah Penyebaran COVID-19, Masjid yang Digunakan untuk Salat Idul Fitri Didata

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," tandasnya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2275 seconds (0.1#10.140)