PBB Desak UEA Buktikan Putri Latifa Masih Hidup

Rabu, 21 April 2021 - 04:33 WIB
loading...
PBB Desak UEA Buktikan Putri Latifa Masih Hidup
PBB desak UEA memberikan bukti konkrit jika putri penguasa Dubai, Putri Latifa al Maktoum, masih hidup. Foto/BBC
A A A
JENEWA - PBB telah meminta Uni Emirat Arab (UEA) untuk memberikan bukti "konkret" bahwa Putri Latifa al Maktoum , putri penguasa Dubai yang dilaporkan ditahan, masih hidup. PBB mengatakan membutuhkan lebih banyak informasi terkait hal tersebut.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jenewa pada hari Selasa, pakar hak asasi manusia PBB juga mengatakan dia harus dibebaskan segera.

Para ahli PBB meminta pemerintah UEA sekali lagi untuk memberikan informasi yang berarti tentang nasib Putri Latifa tanpa penundaan. Mereka meminta verifikasi independen atas kondisi di mana dia ditahan, dan untuk pembebasannya segera.

"Pernyataan yang dikeluarkan oleh otoritas Emirates hanya menunjukkan bahwa dia dirawat di rumah tidak cukup pada tahap ini," bunyi pernyataan itu.

"Kami khawatir bahwa, setelah rilis publik pada bulan Februari dari rekaman di mana Sheikha Latifa melaporkan dirampas kebebasannya bertentangan dengan keinginannya, dan permintaan resmi berikutnya untuk informasi lebih lanjut tentang situasinya, tidak ada informasi konkret yang diberikan oleh otoritas," pernyataan itu menambahkan seperti dikutip dari BBC, Rabu (21/4/2021).



Putri Latifa mencoba melarikan diri dari Dubai pada 2018. Dalam rekaman yang dibagikan dengan BBC Panorama, dia mengatakan pasukan komando membiusnya dan membawanya kembali ke tahanan.

Keluarga kerajaan Dubai sebelumnya mengatakan Putri Latifa aman dan dirawat di rumah.

Pada 5 Maret, PBB mengatakan masih menunggu rincian lebih lanjut dari UEA atau dua minggu setelah permintaan awal untuk bukti kehidupan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)