China Sarankan Jepang Buang Saja 1,25 Juta Air Nuklir Fukushima ke AS

Kamis, 15 April 2021 - 08:47 WIB
loading...
China Sarankan Jepang Buang Saja 1,25 Juta Air Nuklir Fukushima ke AS
Tweet diplomat China yang sarankan Jepang agar membuang lebih dari 1 juta ton air limbah nuklir Fukushima ke AS. Foto/Twitter @SpokespersonCHN
A A A
BEIJING - China menyarankan Jepang agar membuang 1,25 juta air limbah nuklir Fukushima ke Amerika Serikat (AS). Saran ini dilontarkan setelah Washington mendukung rencana Tokyo untuk membuang air limbah radioaktif itu ke laut dengan klaim sudah aman karena telah diolah.

Dalam dua tweet pada hari Rabu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying memperkuat penolakan Beijing terhadap rencana Jepang untuk membuang lebih dari satu juta ton air limbah radioaktif yang diolah reaktor nuklir Fukushima ke laut.



“Jepang dan AS mengeklaim bahwa air limbah nuklir yang diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima sesuai dengan standar keamanan internasional dan bahkan dapat diminum, lalu mengapa mereka tidak menyimpan airnya untuk diri mereka sendiri? atau mungkin mengirimkannya ke AS?," tulis Hua yang dikutip dari akun Twitter-nya, @SpokespersonCHN, Rabu (14/4/2021).

Dalam melontarkan saran itu, Hua mengunggah kartun yang menunjukkan bagaimana limbah nuklir akan memengaruhi air minum dan kesehatan manusia.

Hua melanjutkan tweet-nya dengan menyatakan akan lebih baik untuk memiliki penilaian internasional tentang keamanan air limbah nuklir Jepang sebelum ada yang meminumnya.

Pada hari Senin, Jepang mengumumkan akan membuang air limbah dari kerusakan di pembangkit nuklir Fukushima ke laut dalam waktu sekitar dua tahun. Rencana tersebut, yang telah banyak dilaporkan menjadi pilihan yang disukai Tokyo, mendapat kecaman dari tetangga Jepang, China dan Korea Selatan.

Pada hari Selasa, Beijing memberi label Tokyo "sangat tidak bertanggung jawab" dan menyerukan konsultasi dengan negara tetangga dan pihak terkait.

Korea Selatan juga memprotes keputusan tersebut. Seoul memanggil duta besar Jepang untuk memprotes keputusan itu.

Tahun lalu, Greenpeace melaporkan bahwa air limbah dari reaktor nuklir Fukushima lebih berbahaya daripada yang diklaim aman oleh pemerintah Jepang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)