Bosowa Peduli Sumbang Alat Pemeriksa Covid-19 ke BBLK Makassar

Rabu, 20 Mei 2020 - 22:11 WIB
loading...
Bosowa Peduli Sumbang Alat Pemeriksa Covid-19 ke BBLK Makassar
Bosowa Peduli menyerahkan lima alat penunjang pemeriksaan sampel covid-19 ke BBLK Makassar. Foto/SINDOnews/Marhawanti Sehe
A A A
MAKASSAR - Bosowa Peduli menyerahkan lima jenis alat penunjang untuk pemeriksaan sampel virus corona alias covid-19 kepada Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar. BBLK Makassar diketahui merupakan salah satu laboratorium resmi yang ditunjuk pemerintah dalam menangani covid-19.

Adapun lima jenis alat yang diserahkan, di antaranya yakni Flocked Swab sebanyak 2.000 pcs, Extraction Kit/Reagen sebanyak 900 pcs, 1 unit Centrifuge, 1 unit Pharmaceutical Refrigerator dan 1 unit Bio Safety Cabinet.

Baca Juga: Larutan Uji Covid-19 Langka, Pemeriksaan Laboratorium Mulai Terbatas

Penyerahan bantuan alat pemeriksa sampel covid-19 itu dilakukan di Kantor BBLK, Jalan Perintis Kemerdekaan, Rabu (20/5/2020). Ketua Dewan Pembina Bosowa Peduli, Munafri Arifuddin, tampak hadir menyerahkan bantuan itu kepada Kepala BBLK Makassar, dr Aswan Usman.

Pada kesempatan tersebut, Munafri menjelaskan bantuan alat pemeriksaan dari Bosowa Peduli kepada BBLK Makassar merupakan salah satu realisasi program utama dalam menghadapi covid-19.

Menurut dia, dalam menghadapi pandemi ini dibutuhkan dukungan dan kerja sama yang baik antara pemerintah dan swasta. Makanya, Bosowa Peduli berinisiatif memberikan bantuan alat kepada BBLK sebagai salah satu laboratorium yang menjadi tulang punggung dalam penanganan covid-19.

"Kami lihat ini harus kita support supaya ada peningkatan kapasitas dalam pemeriksaan dan alhamdulillah kami datang, membicarakan ini dan respon dari BBLK sangat positif dan inilah yang bisa kita berikan untuk pemutusan mata rantai covid-19," ujar Appi, sapaan akrab Munafri.

Kepala BBLK Makassar, dr Aswan Usman, mengungkapkan apresiasi atas perhatian dari Bosowa Peduli kepada BBLK Makassar. Menurut dia, bantuan alat yang diberikan oleh Bosowa Peduli sangat membantu pekerjaan dalam pemeriksaan sampel covid-19.

Ia menjelaskan BBLK Makassar memiliki tanggung jawab menjaga konsistensi pemeriksaan sampel covid-19 karena hasil pemeriksaan membantu menentukan diagnosis di rumah sakit. "Dengan adanya bantuan dari Bosowa ini kami harapkan tingkat keberhasilan dan tingkat sampel yang diperiksa setiap hari semakin meningkat," ujarnya.



Lebih lanjut, dia menjelaskan pemeriksaan yang dilakukan oleh BBLK Makassar mencakup wilayah Indonesia Timur termasuk Papua dan Maluku Utara. Sehingga alat pemeriksaan awal covid-19 sangat dibutuhkan.

"Jadi intinya kolaborasi dengan Bosowa Peduli dan BBLK sangat membantu pemeriksaan sampel covid-19. Awalnya 300 sampel, sekarang sudah mencapai 450 sampel, dengan bantuan alat yang ada kami targetkan bisa 600 sampel per hari. Sekarang rata-rata sampel yang masuk 600 sampai 700 sampel, dan itu kita mau kejar supaya tidak terjadi penumpukan sampel," pungkasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)